Tambah Uang Jajan Lewat Aplikasi Novel Berikut Ini| Sastra #5

by - August 07, 2021


HOLA!


Akhirnya bagian sastra ada postingan terbaru juga. Bagi yang belum tau, bagian sastra dari blog ini ngebahas tentang dunia kepenulisan. Sudah cukup jelas dari namanya aja sastra masa bahas sayuran. Kan gak mungkin. 

Sebagai penulis novel yang sampai sekarang novelnya belum diterbitin secara cetak, gue mau kasih rekomendasi aplikasi nulis yang ngehasilin uang. Alias lo dibayar. 

Well, gue udah coba beberapa platform dan tentunya cari tau sistem pembayaran mereka. Selain itu, gue juga udah cari tau sumber pendapatan penulis dari platform tersebut. Setiap platform punya aturan dan sumber penghasilan yang berbeda jadi, jangan disamain, ya! lebih detailnya akan gue jelasin nanti. 

Saran dari gue, ketika baru mulai tolong fokus lo jangan ke duit dulu. Gue juga gak bisa menyalahkan kalau tujuan lo untuk dapat uang, tapi lebih baik fokus untuk belajar dulu. Belajar untuk kembangin plot dan perbaiki tulisan karena kalau novel lo enak di baca maka pembaca akan datang dengan sendirinya. Setelah novel banyak yang baca baru deh bisa hasilin uang dari novel tersebut. 

Penghasilan dari webnovel itu jumlahnya lumayan dengan catatan novel lo banyak yang baca. Kalau sedikit yang baca ya penghasilannya gak begitu banyak bahkan, ada beberapa platform yang ngebayar penulis dengan jumlah yang menurut gue kurang pantas jika dibandingkan dengan effort yang dikasih oleh penulisnya. Jadi, fokus kembangin novel supaya banyak pembaca karena penghasilan terbesar kita adalah dari pembaca. Jangan andalin insentif dari platform karena beberapa platform insentifnya gak sesuai dengan effort penulis.

Dari banyaknya platform menulis, hanya beberapa platform yang akan gue tulis di bawah. Apa aja platformnya? simak sastra kali ini, kuy!

1. Novelme



Dari semua platform yang gue tau, bayaran terbesar ada di platform ini. Ini platform lokal, loh! hebat banget udah sebesar itu dan gak kalah sama platform novel lainnya. 

Ketika gue mulai nulis di sini pas ntw season 3 kalo gak salah. Novel gue judulnya caffeine. Gue nulis dengan tujuan mau dapatin bonus bulanannya yaitu 400 ribu dan hanya dapat ketika masuk 50 besar, tapi sekarang sistemnya udah lebih bagus lagi dan hadiahnya pun lebih besar. Gue pernah dapat penghasilan tambahan karena novel gue di promosiin di aplikasi dan itu untung banget. Novel gue jadi banyak yang baca dan gue dapat uang dari platform. Kemungkinan sistem yang sekarang udah berubah jadi kalau mau tau lebih lanjutnya langsung ke webnya novelme aja.

Pendapatan dari sini beragam mulai dari insentif, hadiah dari pembaca, bab berbayar, dan hadiah lomba ntw. Yang gue kurang suka dari aplikasi ini adalah dari tampilan ketika baca dan menulisnya. Fitur yang harusnya ada kayak italic, bold, underline, dan rata tengah tuh gak ada. Sebagai penulis, gue sangat menyayangkan hal ini makanya gue sendiri kurang nyaman nulis di novelme. Mungkin kalau fitur-fitur dasar itu udah ada mungkin gue bakal nulis lagi di novelme. 

Selain fitur dasar yang gak ada, di sini juga gak bisa upload foto atau video untuk ngedukung isi cerita. Masih ada banyak lagi kekurangan yang bisa diperbaiki sama pihak novelme terutama untuk fitur menulis dan fitur hapus komentar. Semoga kedepannya novelme mau menambahkan fitur mereka supaya penulis makin nyaman nulisnya. 

2. Wattpad



Siapa sih yang gak tau wattpad? gue yakin kalian pembaca web novel pasti gak asing sama aplikasi yang sering disebut dunia orange ini. Sekarang dari wattpad pun kita bisa menghasilkan uang, tapi untuk saat ini hanya beberapa novel yang dapat undangan aja dan baru bisa dikunci. Sayang banget masih sulit untuk ditembus. 

Cara dapat penghasilannya adalah dari bab yang dikunci. Pembaca harus unlock bab tersebut dengan koin baru bisa baca kelanjutan novelnya. Jumlah paymentnya berapa, gue juga kurang tau karena novel gue belum ada yang di lock. Mungkin kalau ada writer yang novelnya udah di lock dan gak sengaja mampir boleh sharing di kolom komentar. 

3. Joylada



Lately gue lagi nulis di aplikasi ini karena memenuhi kriteria gue. Gue pribadi gak memilih platform berdasarkan banyaknya uang yang diberikan, tapi lewat kenyamanan menulis dan membaca. That's why gue lagi coba nulis di sini. Untuk menulis memang lebih nyaman wattpad, tapi aplikasi ini juga cukup nyaman. Kalau aja ada fitur revisi dan bisa lihat riwayat revisi pasti gue bakal betah banget di aplikasi ini. 

Mari ngebahas soal cuan, penghasilan dari aplikasi ini cukup beragam. Bisa dari koin ataupun gift dari pembaca. Semakin banyak yang baca makan kesempatan untuk dapat uang jadi makin besar. Tertarik nulis?

Novel gue judulnya "Go Away, but I Need You”


Anyway, novel gue pernah kategori pilihan editor, loh! jangan lupa di baca, ya!

4. Noveltoon 



Menurut gue, aplikasi ini cukup oke untuk yang mau nulis sekaligus nyari cuan. Fitur untuk nulisnya enak banget dan ada kontrak eksklusif juga. Banyak benefit yang kalian dapat ketika novelnya udah di kontrak secara eksklusif. Untuk keterangan lebih lanjutnya bisa kalian baca di bagian faq di aplikasi tersebut. 

Anyway, fitur nulis di aplikasi ini juga paling nyaman buat nulis dibandingkan dengan aplikasi lain yang udah pernah gue coba. Fitur nulisnya lengkap dan tampilannya nyaman. 

Itu dia rekomendasi app nulis penghasil cuan dari gue. Apakah kalian author atau reader dari salah satu app yang gue sebut di atas? kalau iya, tulis dong testimoni kalian di kolom komentar supaya gue bisa tau. Ditunggu, ya!

See you next post. 

You May Also Like

0 komentar