How to Start a Day | Talim #55

by - July 03, 2021


HOLA!

Gue gak nyangka tulisan yang judulnya "Menjadi Bahagia Dalam Sehari" jadi tulisan paling banyak dibaca sekitar dua bulan kemarin. Ternyata banyak yang ingin bahagia. 

Maksud dari tujuan tulisan ini adalah cara memulai hari dengan semangat supaya bisa produktif dengan pikiran yang segar. Kalian pernah gak, sih, rasanya malas banget ngelakuin sesuatu dan maunya rebahan sambil scrool social media dan berhenti ketika ada kegiatan lain yang memaksa bangun kayak pergi sekolah atau kerja? kalau pernah atau lagi ngerasain, sini mendekat. 

Gue perhatiin, kebanyakan orang ketika libur panjang pun begitu karena lagi gak ada aktivitas. Boleh sih bermalas-malasan, tapi kalau sepanjang hari atau sepanjang hari libur kerjaan lo buang-buang waktu aja kan sayang banget. Harusnya waktu itu bisa digunakan untuk belajar budidaya ikan lele, tapi malah dihabiskan dengan nonton series netflix sampai tamat. Sesekali gak papa itung-itung me time, tapi kalau sepanjang hari kan gak bagus. 

Terus gimana sih cara untuk memulai hari? simak talim kali ini, kuy!

1. Mandi

Pinterest: SwankyDen

Biasanya gue selalu mulai dengan bangun pagi, tapi kali ini gue mulai dengan mandi. Gue pribadi kalau kesiangan auto malas ngapa-ngapain karena ngerasa ada beberapa jadwal pribadi gue yang terlewat. Kalau kalian kayak gue juga, ayo mulai sekarang tetap semangat meskipun kesiangan. 

Gue sih gak tau ya, kategori bangun siang kalian tuh jam berapa, tapi gue pribadi kalau bangun ketika matahari udah terbit itu udah masuk ke kategori kesiangan. Even masih jam setengah tujuh pagi atau jam enam lewat, ya tetap aja. Judulnya kesiangan.

Meskipun kesiangan, langsung mandi aja karena mandi bikin mood lo naik. Gak percaya? coba, deh! walaupun malas paksain aja. Mandi di pagi hari tuh emang musuh banget, tapi musuhnya coba dilawan supaya di hari tersebut lo gak bermalas-malasan. 

Sudahkah lo mandi hari ini?

Baca juga: Ngelatih Mental Selama di Sekolah

2. Sarapan 

Pinterest: Amanda-nutritionist Reviews

Siapa yang kalau sarapan perutnya sakit? 

Meskipun perut lo sakit karena gak terbiasa sarapan, usahain ada asupan yang masuk ke dalam tubuh lo. Gak usah makan berat kayak nasi uduk. Lo bisa mulai dengan makan buah atau kue basah. Kenapa? supaya gak lemes dalam menghadapi kenyataan melakukan aktivitas. Ya... meskipun aktivitas lo cuma nonton youtube seenggaknya tetap makan. 

3. Olahraga 

Pinterest

Dulu gue malas banget olahraga sampai akhirnya ketemu jenis olahraga yang cocok. Olahraga berguna banget buat boost mood. Selain bagus buat kesehatan badan, olahraga seberpengaruh itu ke mood. Sayang banget di masa pandemi ini banyak taman yang ditutup padahal asik banget olahraga di taman meskipun sering digodain jamet. 

Untuk poin ketiga ini lo bisa lakuin setelah bangun tidur atau sehabis sarapan. Bebas dan senyamannya elo. Oh iya, kasih tau dong olahraga favorit lo! 

4. Baca Buku

Pinterest- We Heart It

Meskipun libur, jangan lupa ya untuk kasih makan otak lo dengan insight baru yang lo dapat lewat baca buku. Gak suka baca? lo bisa dengerin podcast sebagai gantinya. 

Gak suka dua-duanya? kebangetan banget. Kalau keduanya memang gak cocok lo tonton film dokumenter atau video yang berguna untuk tambah pengetahuan. Ada banyak banget di youtube jadi, cari aja.

Itu dia empat step mudah untuk memulai hari lo buat yang bangun tepat waktu maupun yang kesiangan. Anyway, udah lama banget gue gak buat postingan di talim. Entah yang terakhir posting itu bulan apa, gue juga gak inget karena setelah lulus sekolah gue jadi kehabisan ide untuk nulis bagian ini. 

Belakangan ini kasus covid lagi tinggi bahkan, di daerah gue masuk ke zona merah. Kalian yang masih sehat stay healthy, ya! kena covid itu gak enak, tau! 

Segitu dulu tips dari gue. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di terapkan! 

See you next week!

You May Also Like

0 komentar