Pertanyaan yang Gak Ada Jawabannya | Djournals #22

by - March 12, 2021

Djournals

Adalah sarana sambat secara elegan

Mempersembahkan...

Ada banyak 'kenapa' yang terlintas di pikiran gue tentang semua hal yang terjadi. Saking banyaknya sampai kepala gue serasa penuh. Ternyata gue kembali memikirkan hal yang gak seharusnya gue pikirkan. 

Ketika nonton salah satu videonya bang Raditya Dika, gue terispirasi dengan cara berpikirnya yang simpel. Intinya beliau bilang begini, "Pikirin hal-hal yang lo anggap penting." dan dari situ gue mulai belajar untuk memikirkan hal yang emang beneran penting. Banyak banget hal gak penting di dunia ini yang tanpa kita sadari memenuhi kepala kita dan akhirnya bikin stress sendiri. Begitulah manusia, suka pusing sama masalah yang dia buat sendiri. 

Seiring berjalannya waktu gue mulai berhenti bertanya "Kenapa?" karena pada akhirnya waktu yang akan menjawab. Mau gue cari jawabannya sampai gila pun gak akan ketemu karena memang jawabannya gak sekarang. Gak usah berasumsi macam-macam karena asumsi itu hanya akan bikin overthink which is hanya penuh-penuhin your head aja. 

Kadang gue berpikir, kenapa gue sampai di curangi ketika lomba padahal gue dan juri sama-sama gak kenal apalagi sampai punya masalah. Kenapa gue disudutkan ketika membela diri padahal gue gak melakukan sesuatu yang salah. Dan kenapa orang lain suka mencari kesalahan yang gak gue lakukan. Membuat bukti bahwa gue salah padahal gue yakin banget bahwa gue gak salah. Apa gue selemah itu sampai orang-orang menginjak-injak gue?

Memang kalau kita tau jawabannya sekarang apa ada yang berubah? gue rasa gak ada. Semuanya udah terjadi. Jawaban dari pertanyaan itu fungsinya agar kita dapat ambil pelajaran dari setiap kejadian. 

Berat banget, ya, bahasan djournals kali ini? yup, gak tau kenapa gue pingin bahas sesuatu yang serius. 

Gak mudah untuk bersikap seakan gak ada yang terjadi, tapi kita harus bisa bersikap kayak gitu. Hidup terus berjalan dan kita gak bisa terus-terusan memikirkan pertanyaan atas kejadian yang udah berlalu. Gak usah di pusingin karena nanti lo akan tau jawabannya. Ternyata lirik lagunya bol4 itu benar. "Waktu adalah obat." 

Sejak dulu gue adalah typical orang yang punya template dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Hal terkecilpun gue pikirkan mulai dari rutinitas harian sampai goals gue dalam bulan ini. Serinci itu, tapi sekarang udah gak bisa karena rutinitas berubah. Gue harus bisa beradaptasi dengan hari-hari baru. Saat ini gue belum bisa membuat template seperti dulu karena gue hanya mengikuti alur. Yup, untuk saat ini gue hidup mengikuti alur bukan membuat alur kayak dulu. Gue rasa, gak ada salahnya kalau kita mengikuti alur yang ada. 

Apa masih ada pertanyaan yang belum terjawab? tentu masih, tapi gue gak mau terburu-buru. 

Kalau elo gimana? apakah ada pertanyaan di hidup lo yang belum terjawab? andaikan masih ada gak perlu khawatir. Lo akan tau jawabannya di waktu yang tepat. Waktu di mana lo bisa berpikir dengan kepala dingin supaya gak mengambil keputusan secara terburu-buru.

You May Also Like

0 komentar