Kurangin Kecanduan Main Hape Hanya dengan Tiga Step | Talim #53

by - February 18, 2021

 


HOLA!

Finally gue comeback lagi di blog ini dengan tulisan talim. Kalau lo suka dan ngikutin blog gue dari lama pasti tau kalau gue emang sering ilang-ilangan karena banyak alasan dan drama yang terjadi di real life. Mulai dari drama gak mood nulis sampai drama yang masih anget yaitu laptop gue matot. Yes, lcdnya harus diganti dan biayanya gak murah. Sedangkan kalau nulis di hape rasanya gak enak karena gue udah terbiasa nulis di blog. Gara-gara drama terparah itu bikin gue sama laptop gue berpisah untuk selamanya. Sedih banget. 

Cerita itu tentu aja ada hubungannya dengan tulisan kali ini, walaupun cuma sedikit. Dalam satu hari gue bisa beberapa kali menulis di platform yang berbeda dan waktunya gak sebentar. Kebayang dong capeknya mata gue kayak apa? makanya gue prefer nulis di laptop karena layarnya besar sekaligus meminimalisir distraksi. 

Kalau udah main hape itu lupa waktu dan bikin banyak kerjaan terbengkalai. Kelamaan main hape juga bisa bikin malas dan berujung gak produktif yang artinya gak ada perubahan antara diri lo yang kemarin dan hari ini. Rugi dong! tapi, yang namanya udah buka hape pastinya susah untuk berhenti karena udah kecanduan. Nah, di sini gue akan berbagi tips yang gue lakukan ketika gue udah ngerasa kecanduan dan jenuh dengan hape. 

Apa aja sih tipsnya? simak talim kali ini, kuy!

1. Matiin Hape

Step pertama yang harus lo lakukan adalah matiin hape lo terus taro di suatu tempat. Usahain taro di tempat yang jarang lo kunjungi. Contohnya di rak buku pelajaran. Pasti lo ngunjungin rak ketika ada tugas aja ataupun sekadar pura-pura rajin di depan bonyok. 

Step ini harus benar-benar di lakukan karena percuma juga lo mau belajar jauh dari hape, tapi hape lo gak di matiin. 

"Tujuannya apa, sih?"

Tujuannya supaya elo gak terdistraksi oleh gangguan dari notifikasi hape. Pokoknya jangan sentuh hape lo. Oh iya, sebelum lo lakukan hal ini pastiin di saat itu elo lagi gak ada kegiatan yang membutuhkan smartphone supaya aktivitas lo gak keganggu. 

2. Buat To Do List 

Sumber: Freepik

Sebelum memulai kegiatan, alangkah baiknya bikin to do list alias daftar kegiatan yang akan lo lakukan di hari tersebut. Gak harus di tulis, bisa juga langsung lo tanam di kepala, kegiatan apa aja yang mau lo lakukan. Bikin to do list mempermudah lo dalam manajemen waktu maka dari itu gue selalu menyarankan untuk buat to do list

 

Baca juga: Explore Masa-Masa Sekolah Lo dengan Lakukan Beberapa Aktivitas Ini

 

3. Lakukan Kegiatan Kecil

Sumber: weheartit

Mulai hari lo dengan kegiatan kecil kayak beresin kamar atau sekadar bikin teh hangat di pagi hari. Menikmati pagi tanpa ponsel itu rasanya surga banget. Open your window and then rasakan ketenangan di pagi hari dengan teh bunga krisan yang hangat. Perasaan itu akan membuat diri kita lebih rileks padahal cuma menikmati udara sejuk di pagi hari. Menjalankan aktivitas juga jadi semangat padahal elo hanya melakukan satu kegiatan kecil. 

4. Tentukan Batas Waktu 

Sumber: rover.ebay

Karena tujuannya untuk mengurangi kecanduan smartphone, jangan lupa untuk tentukan batas waktu. Maksud gue, batas ketika elo gak megang hape sama sekali. Misalnya dari bangun tidur elo gak pegang hape, waktu lo pegang hape adalah dua jam sebelum tidur. Nah, di waktu itu baru deh elo buka hape dan scrolling sosial media untuk hiburan atau laporan ke doi.

Dengan membatasi penggunaan smartphone bisa bikin kita lebih produktif. Di gue sih kayak gitu. Gue jadi lebih peka dengan benda yang ada di sekitar gue dan lebih peduli dengan diri gue sendiri. Gue gak munafik, di zaman sekarang kita perlu smartphone untuk komunikasi, tapi dalam penggunaan dalam batas wajar. 

Problem yang terjadi sekarang justru orang lebih suka habisin waktu untuk srooling sosial media dan melupakan tugas mereka. Gak usah jauh-jauh deh, gue tau lo ini lebih suka scrooling tiktok instead belajar. Sama gue juga kayak gitu makanya gue cari cara supaya gak kecanduan main hape ataupun sosial media dan hasilnya adalah tulisan yang saat ini kalian baca. 

Jujur aja, sampai sekarang pun gue masih kecanduan smartphone, tapi kalau kelamaan main hape itu bikin boring. Walaupun boring gue tetap main hape karena bingung mau ngapain padahal sebenarnya ada banyak pekerjaan yang menanti. Masih ada yang harus gue kerjakan, tapi gue menutup mata karena malas dan akhirnya kerjaan gak kelar sedangkan waktu gue terbuang percuma. 

Cara gue ngatasin masalah itu masih sama, yaitu dengan cara yang gue tulis di sini. Bedanya adalah kecanduan gue gak separah dulu. Memang gak bisa langsung hilang, but at least bisa berkurang dan bisa dikontrol.

Itu dia tips dari gue yang hopefully bisa membantu kalian yang niatnya mau mengurangi penggunaan smartphone. Bagi yang udah melakukan step di atas ceritain dong pengalaman kalian gimana, apakah works atau enggak. Tulis di kolom komentar, ya!

See you next Friday ma friends! 


You May Also Like

0 komentar