Istilah Dasar Dalam Kpop yang Lo Wajib Tau | About Korea #47

by - January 09, 2021


HOLA!

Di dalam dunia kpop ada banyak istilah asing yang sebelumnya belum pernah kita dengar. Bagi yang baru masuk ke dunia kpop chukkae, elo berada di tempat yang tepat. Pasti banyak istilah yang bikin lo bingung, but don't worry soalnya akan gue bahas di bawah. 

Ada beberapa yang udah pernah gue bahas sebelumnya, tapi itu hanya untuk yang penasaran dengan istilah tersebut. Kalau istilah yang lo cari ternyata di bawah gak ada berarti udah pernah gue bahas di postingan sebelumnya atau mungkin juga akan gue bahas di postingan lain. Sengaja gue kotak-kotakin biar bahasnya masih satu topik. Begitu maksudnya. 

Biasanya yang baca tulisan semacam ini adalah kpopers baru. Nah, gue mau tau lo bisa masuk kpop lewat jalur mana. Apakah jalur mandiri, drama, lagu (ini jarang sih), atau jalur karma? komen dong di bawah 😆

Back to main topic, apa aja sih istilah dasar dalam kpop? simak about korea kali in, kuy!

1. Bias

Bias artinya idola yang lo suka atau lo ikutin. Jadi, kalau gue tanya, "Siapa bias lo?" berarti lo udah bisa jawab dong namanya. Jawabannya tulis di komentar, ya!

2. Fandom

Bisa disebut juga dengan fanbase, fandom adalah kumpulan penggemar yang menyukai suatu grup kpop atau solois. Setiap grup punya nama fandom yang berbeda. Nama dari suatu fandom ditetapkan oleh agensi, tapi ada juga agensi yang terbuka dengan saran nama fandom untuk grup asuhan mereka. Setelah sarannya ditampung kemudian diadakan pemilihan nama fandom yang dipilih oleh fans. Suara mayoritas biasanya yang ditetapkan oleh agensi. 

Nama-nama fandom punya arti tersendiri antara idol dengan penggemarnya. Makanya, agensi gak sembarangan dalam memilih dan menetapkan nama fandom dari sebuah grup atau soloist

Contoh nama fandom di antaranya, X1 dengan nama fandom one it, EXO dengan nama fandom EXO-L, BTS dengan nama fandom army, dan masih banyak lagi. Sebagai informasi gak penting, fandom gue adalah one it. Meskipun grupnya udah bubar, tapi gue tetap setia jadi one it. Kalau nama fandom lo apa? 

3. Multifandom 

Kalau sebelumnya ada fandom, kali ini ada multifandom. Dua istilah ini sebetulnya udah pernah gue bahas secara mendalam dan menyeluruh lah ceritanya. Bagi yang mau tau bisa cari di postingan about korea karena di sini gue cuma bahas secara singkat aja. 

Multifandom adalah manusia yang sering disebut fans musiman karena menyukai banyak grup. Namanya juga multi jadi, gak cuma satu. Apakah lo termasuk multifandom juga?

Baca juga: Dapetin Teman Sesama Kpopers Lewat Tiga Cara Berikut!

4. Fangirl/Fanboy

Dari tiga huruf awalnya aja udah ketauan artinya apa. As we know, fan artinya adalah kipas penggemar dan sisa kata belakangnya adalah gender dari penggemar tersebut. 

Setau gue, istilah fangirl/fanboy artinya lebih mengacu ke kegiatan yang biasanya dilakukan penggemar, kayak kepoin media sosialnya bias, streaming mv, etc.

5. Fansite 

Di sosial media kayak twitter, instagram, dan pinterest biasanya kita suka nemu foto bias yang bagus, tapi bukan agensi yang rilis. Foto-foto itu berasal dari fansite yang dikelola oleh masternim. Cara mereka mendapatkan foto-foto tersebut adalah dengan cara ngikutin idol favorite mereka kemana-mana untuk mendapatkan foto dari setiap kegiatan si idol

Jadi pengelola fansite itu gak dibayar! alias sukarela. Meskipun begitu, tetap aja banyak fansite yang rela ngikutin idolnya hanya demi sebuah gambar ganteng/cantik. 

6. Trainee

Sebelumnya gue ada sebut soal trainee dan sekarang mari kita bahas. Trainee adalah sebutan bagi calon idol yang mengikuti masa pelatihan dari suatu agensi. Seperti yang kita tau, sebelum debut, idol harus melewati masa trainee untuk mengasah bakat mereka. Pelatihan ketika trainee biasanya ada latihan dance, nyanyi, rapp, maupun akting. 

Menjadi seorang trainee di sebuat agensi gak memastikan lo akan debut. Kalau lo bagus ya kemungkinan besar bisa debut sebagai idol di agensi tersebut. Namun, kalau lo kurang memenuhi persyaratan dari agensi sebagai idol, ya pastinya susah untuk debut

Masa trainee itu gak sebentar. Bertahun-tahun. Tapi, bagi idol yang beruntung ada juga yang trainee cuma beberapa bulan kayak Kim Yohan ex-X1. 

7. Debut

Debut adalah waktu ketika trainee memasuki industri entertaiment sebagai artis. Istilah debut bisa digunakan untuk aktor maupun idol yang baru memulai karirnya. 

8. Rookie 

Ketika baru debut, suatu grup akan disebut sebagai rookie alias pendatang baru. Setiap tahun pastinya akan ada grup yang baru debut sampai ada awardsnya juga, loh! nama kategorinya adalah best rookie. 

9. Comeback 

Comeback adalah istilah yang dipakai ketika idol ngerilis lagu atau album baru. Sebelum hari-H comeback kebanyakan agensi ngebuat teori yang berhubungan dengan comeback artisnya. Jadi, kita sebagai penggemar harus bisa mecahin teori tersebut kalau mau tau konsep comeback si idol.

Ya... sebenernya gak harus banget juga, sih. Biasanya teori-teori kpop tuh macem-macem dan gak terduga. Gak banyak yang bisa pecahin teori tersebut, tapi bukan berarti gak ada fans jenius yang bisa. 

10. Agensi

Agensi adalah perusahaan yang menaungi idol atau aktor. Mereka yang ngurus semua jadwal aktivitas grup. Agensi yang terkenal di korea ada SM Entertaiment miliknya nyai Soo Man, JYP Entertaiment milik Park Jin Young, YG Entertaiment miliknya babeh Yang Hyun Suk, dan Big Hit Entertaiment milik papa bear Bang Si Hyuk. 

Itu dia istilah dasar dalam dunia kpop yang harus lo tau sebagai penggemar. Dengan tulisan ini semoga menjawab rasa penasaran lo tentang istilah-istilah yang unfamiliar. Kalau masih ada istilah yang lo belum paham dan gak ada di tulisan ini, bisa komentar di bawah nanti akan gue jawab atau bisa juga dijawab sama teman-teman yang mampir ke blog ini. 

See you next Saturday, ma friends!

You May Also Like

0 komentar