Mari Fanwar | About Korea #45

by - December 19, 2020

HOLA!

Sebagai fans kpop pastinya istilah 'fanwar' udah gak asing di telinga kita. Bagi yang belum tau, fanwar adalah perang antarfandom kpop. Gak penting banget, kan? 

Sebelum lanjut lebih jauh -sejauh jarak Tangerang ke Seoul- cuma mau ngingetin bahwa tulisan kali ini rada kurang berbobot karena gue udah lama gak nulis About Korea, udah gitu lagi kurang semangat. Tenang aja, walaupun ditulis asal-asalan, tapi tetap ada pesan moralnya walaupun lebih banyak omong kosongnya.

Lanjut. 

Kegiatan yang sebenarnya 'gak penting' ini gak cuma terjadi di Indonesia. Di Korea Selatan, fanwarnya jauh lebih parah. Dari berita yang gue pernah baca, ada fandom berbeda yang ketemu di suatu tempat setelah itu mereka berantem. Padahal idolnya akur-akur aja, tapi fansnya malah berantem. Bingung gak, sih?

Menurut gue, fandom yang paling gak akur adalah EXO-L sama army. Kalau menurut lo fandom mana yang sering ribut? kasih tau gue di kolom komentar dong! 

Dua fandom yang gue sebut itu sering banget ngeributin sesuatu yang gak penting kayak popularitas, viewers music video, bahkan vote di acara awards. Kalau tahun ini gue kurang tau dua fandom itu masih suka ribut atau enggak, soalnya sepanjang tahun 2020 gue kurang ngikutin perkembangan fandom. Gara-gara X1 bubar jadinya gue gak bersemangat buat ngikutin perkembangan kpop lagi.

Kadang suka bingung gak, sih, purpose fanwar tuh untuk apa? gak bikin dikenal sama idol lu juga. Yang ada malah nambah musuh. Harusnya dapet temen dari fandom yang berbeda ini malah nambah musuh. 

Baca juga: Belajar Makeup dan Fashion Ala Korea Lewat Channel Youtube (Part 2)

Gue paham kok tujuannya, supaya grup yang kalian sukai keliatan 'hebat' dibandingkan grup lain. Namanya juga abg ya ceu, pengennya keliatan lebih baik dan menonjol begitu juga dengan hal yang disukai. 

Biasanya yang suka ribut tuh bocah yang baru 'kenal' kpop. Mereka gak terima kalau ada grup lain yang gak kalah hebat dari grup yang dia ikutin. Sebagai anak multifandom, gue cuma bisa duduk sambil makan seblak bareng om In Yeop. Canda om In Yeop ✌

Gak cuma gara-gara ngeributin hal yang gak jelas, kadang fanwar juga bersumber dari fandom lain yang ngejelek-jelekin idol lain. Sebagai fans, ya jelas gak terima. Alhasil cari-cari kekurangan idol lain dan berujung gelut. Harusnya, kalau ada yang suka memancing ice mosshi gitu cukup kacangin aja. Ngejelek-jelekin idol lain gak akan ngebuat idol lu terlihat keren karena pada dasarnya idol adalah manusia. Mereka pernah berbuat salah dan pastinya punya kekurangan.

Daripada fanwar, mending saling support antarfandom. Bantu fandom lain ketika fandomnya ada masalah. Dengan begitu lo akan punya temen baru. Gak jarang gue lihat berita ada fandom yang bantuin fandom lain like bantu vote dan bantu streaming contohnya. 

Semoga kedepannya gak ada lagi fanwar supaya kehidupan antarfandom jadi adem, anyem, dan sejahtera. fyi, dulu gue juga pernah ikut fanwar yaitu fanwar antarsone dengan twibi 😔 di fb. Bersejarah banget hyung. Pasti tau lah problemnya karena cherrybelle plagiat girls generation. 

Bagi yang up to date sama info kpop kasih tau gue dong apakah masih sering terjadi fanwar atau udah jarang. Please let me know soalnya gue gak tau. 

Karena udah gak tau mau mau tulis apa lagi maka dari itu, kita sudahi aja tulisan kali ini. Gak kita sih, maksudnya gue. Kan gue yang nulis. About Korea kali ini rada gak jelas karena gue nulis ini sore-sore dalam keadaan kumel soalnya belum mandi. 

Inti dari tulisan kali ini adalah gak usah fanwar karena idol lu sama idol dia tuh akur-akur aja. Sebagai fans gak usah lah bikin masalah. Daripada bikin masalah mending bikin harga album jadi murah 👍

Ngomong-ngomong... judul sama isi rada bertolak belakang ya ceu

Udah si gitu aja. 

See you next Saturday, ma friends! 

You May Also Like

0 komentar