Explore Masa-Masa Sekolah Lo dengan Lakukan Beberapa Aktivitas Ini | Talim #52

by - December 11, 2020


HOLA!

Gak kerasa ya udah di penghujung tahun 2020 yaitu tahun dengan drama terbanyak. Bentar lagi bakal libur tahun baru kemudian di tahun depan sekolah udah mulai masuk kayak biasa. Kabar yang gue terima sih gitu dan semoga keadaan mulai membaik supaya bisa sekolah tatap muka. Gue tau kalian pengen banget ketemu doi temen-temen kalian karena udah lama banget gak masuk sekolah. 

Di postingan kali ini gue mau kasih tips ke kalian yang pastinya berguna banget di masa sekolah. Dengan catatan kalian lakukan. Menurut gue, sayang banget kalau kalian nolep di sekolah padahal ada kegiatan yang bisa kalian lakukan dan itu bermanfaat. Mumpung masih muda semangat gitu loh!

Semua yang gue tulis di sini tentunya based on my experience selama sekolah since JHS until high school. 80% dari pengalaman gue dan sisanya dari kenalan yang gue temui di berbagai tempat. 

Apa aja sih kegiatannya? simak talim kali ini, kuy!

1. Join Organisasi atau Ekstrakurikuler


Eskul yang satu ini keren banget loh. Di ajarin cara berbisnis ala milenial
Selain nambah teman, join organisasi juga ngelatih soft skill kita yang mana berguna banget di kehidupan. Ada juga ilmu di luar ilmu akademik yang bisa lo dapat lewat join organisasi. Yang gue rasain selama ikut eskul lebih ke pengalaman, teman, dan soft skill. Semakin banyak teman maka semakin besar peluang untuk dapat pacar berbagai pengalaman baru. Pikiran juga jadi terbuka karena ketemu orang banyak yang sebelumnya belum pernah lo temui. 

2. Ikut Berbagai Macam Lomba


Sumber: Pinterest

Di masa SMK gue ngerasa nolep to be honest, but i cover it lewat ikut lomba yang di adain di sekolah ataupun di luar sekolah. Gue lebih mentingin akademik soalnya waktu itu udah muak sama drama yang ada di eskul. 

Walaupun gue gak ikut lomba yang banyak banget sampe bikin muntah, tapi gue dapat banyak pelajaran dari lomba yang gue ikuti. 

Ketemu temen-temen dari berbagai sekolah rasanya asik banget, loh! selain itu, sertifikat lomba juga berguna banget di masa depan misalnya untuk daftar kuliah dan untuk ngajuin beasiswa. Bisa juga untuk dicantuimin di CV. 

Gak melulu harus menang karena yang namanya lomba pasti ada yang menang dan ada yang kalah. It's okay kalau lomba kali ini kalah tapi jadiin evaluasi supaya di next lomba lo gak melakukan kesalahan yang sama. 

Kalau sekolah lo kurang aktif ikut lomba atau elo yang belum berani ikut lomba antar sekolah, ikut aja lomba pas meeting class atau lomba pas 17 Agustusan. Mulai aja dari yang receh-receh dulu.  


3. Ramah 


Maaf ya guys share foto pacar soalnya dia ramah banget

Jadi orang yang ramah itu benefitnya banyak loh! salah satunya disukai banyak orang. Bukan suka dalam artian cinta, ya! gue sadar kalau gue ini anaknya cuek ke sekitar makanya gue pelan-pelan belajar untuk ramah. At least ke teman sekelas dan teman satu eskul. 

Ketika butuh bantuan atau dapat tugas gak sama temen segeng jadinya lebih gampang berbaur karena mereka nerima kita karena sikap ramah tadi. Gue ngerasanya kayak gitu meskipun gue bukan orang yang ramah banget. 

Kalau selama ini kalian ramah pasti akan dimudahin urusannya terutama yang berhubungan sama tugas kelompok. Pasti ada aja kan dramanya pas tugas kelompok mulai dari yang sekelompok sama orang yang gak akrab sampai sekelompok sama musuh. 

Gimana sih caranya untuk ramah sama orang? 

Sebenernya gak susah sama sekali. Cukup sapa teman kalian dengan namanya atau senyum setiap kali ketemu. Gue sih kayak gitu dan ternyata worth. Tapi kalian bisa bedain kan ramah sama sksd? makanya gue milih senyum atau cuma nyapa dengan nama karena takut dikira sksd soalnya belum tentu orang yang gue sapa sepemikiran sama gue. 

4. Rajin 


Judul dan gambar sangat berkontradiktif sekali

Kalau mau berkembang di manapun tempat lo berada ya kuncinya harus rajin. Begitu juga dengan sekolah. Kalau ada tugas ya dikerjain jangan di anggurin. Kalau ada yang kotor ya bersihin. Sesimpel itu. 

Gak usah peduliin omongan orang karena gue yakin ketika kalian mulai rajin pasti ada aja lambe yang nyinyir. 

Materi baru yang belum di bahas di sekolah sebaiknya udah lo bahas duluan di rumah jadi pas di sekolah tinggal ngulang aja. Task yang ada di buku lks pun sama, maksudnya supaya kalau ada yang belum lo pahami bisa ditanya ke guru. 

Sikap rajin bener-bener mengubah cara pandang gue tentang sesuatu dan secara gak langsung menanamkan sikap positif ke kepala gue. Sebenernya gue ini anaknya malas, tapi pelan-pelan gue ubah kebiasaan buruk itu dan alhamdulillah sedikit lebih baik walaupun kadang masih malas. 

Gue yakin semua orang bisa jadi rajin tergantung niat. 

5. Selalu Perbaiki Diri


Sumber: Instagram @naturegramy

Di masa-masa sekolah adalah waktu yang tepat untuk berkembang dan memperbaiki diri. Gak cuma memperbaiki fisik tapi juga pola pikir kita. Lima poin ini berkaitan satu sama lain, kalau kalian sadar. Di gue sih siklusnya ketemu orang baru dan dengar pov mereka lalu dapat pelajaran kemudian evaluasi ke diri gue habis itu memperbaiki diri. 

Selama sekolah, gue menghabiskan waktu untuk explore tentang diri gue sendiri. Ketika orang lain berusaha cari tau tentang pacarnya sedangkan gue sibuk sama diri sendiri. Gue ngerasa bersyukur karena masa-masa sekolah dulu di habiskan dengan hal-hal yang bermanfaat. 

Gue ini bukan orang kaya, gak cantik, dan gak cerdas dari lahir makanya gue rajin belajar. Walaupun gak punya harta atau fisik yang bagus seenggaknya gue punya ilmu yang berguna. Harta bisa dicari dan fisik bisa dipoles selama punya harta. Semuanya masih berkaitan. 

Ada lagi yang penting, yaitu kontrol emosi. Belajar kontrol emosi sama ajak halnya dengan memperbaiki diri. Rasanya beda banget ketika mulai bisa kontrol emosi dengan baik. 

Belajar dengan tekun, kontrol emosi, mulai merawat diri, serta belajar memperlakukan dan menghargai orang lain adalah hal yang gue pelajari semasa sekolah. Semuanya gak bisa langsung lo dapatkan dalam sehari semalam kecuali bangun candi. 

Oh iya, ada hal yang gak kalah penting yaitu learn new things every single day. Dari situ lo akan memandang dunia dengan cara yang berbeda. 

Gils, di postingan kali ini gue keren banget. Gak nyangka bisa ngerangkai kata seolah gue ini motivator yang pengalamannya udah banyak banget. Di balik ini semua tentu gue masih belajar dan masih harus terus belajar banyak hal. 

Buat yang masih sekolah semangat terus, ya! jangan sia-siain uang yang orang tua kalian keluarin untuk pendidikan kalian. Ngerasa gak pinter? instead cabut better lo duduk manis di dalam kelas dan perhatiin yang guru lo jelasin. Walaupun lo gak paham seenggaknya lo ada effort untuk belajar. Kerjain aja tugas dari guru lo karena dari situ lo akan dianggap rajin meskipun tugas yang lo kerjain belum tentu benar semua. 

Selalu ada tempat buat orang yang mau berusaha. 

See you on next Friday, ma friends!

You May Also Like

0 komentar