Aplikasi yang Berguna Buat Pelajar (Part 2) | Talim #51

by - December 04, 2020


HOLA!

Denger-denger kalian lagi UAS nih, gimana soal ujiannya? susah, gak? gue yakin kalian bisa jawab setiap pertanyaan karena bisa searching dengan baik. Just do your best guys! kalau lo tim jujur tanpa searching itu berarti lo hebat banget. Di saat orang lain gak percaya diri, tapi lo percaya diri dan di saat banyak banget peluang untuk gak jujur, tapi lo memilih untuk jujur. 

Ngomongin soal ujian rasanya gue rada traumatic for some reason tentunya. Haha, lebay banget, ya? walaupun rada trauma, tapi jujur gue suka kalau ada ujian. Kadang suka kadang enggak sih, tergantung kesiapan gue. Nah, ketika belajar untuk ujian biasanya gue pakai beberapa app yang akan di bahas di tulisan ini. 

Bukan app bimbel online, tapi semacam app penunjang untuk belajar. Sebelumnya gue udah pernah buat di part satu jadi buat lo yang belum baca itu silahkan dibaca dulu. Respon di part satu cukup baik makanya gue semangat untuk buat part dua. 

Apa aja sih aplikasinya? simak talim kali ini, kuy! 

1. Focus Plant




App ini banyak dipakai sama pelajar yang menggunakan teknik podomoro. Apa tuh teknik podomoro? teknik podomoro adalah teknik belajar dengan cara manajemen waktu. Contohnya 25 menit belajar setelah itu 5 menit istirahat. Teknik ini cocok banget buat orang yang susah fokus dan gak bisa belajar nonstop berjam-jam. 

Menurut gue, aplikasi ini cukup unik. Gak cuma set timer aja, tapi dia ada semacam raindrops yang digunakan untuk tanam tumbuhan gemoy. Ketika kita berhasil menyelesaikan task, rewardsnya raindrops untuk nyiram tanaman kita. Kalau tumbuhannya udah banyak kita bisa unlock fitur lain dari app ini. Lucu banget, kan? 

Silahkan lo downloads habis itu use aplikasi ini untuk belajar. 

2. Flipd




Flipd adalah aplikasi yang tujuannya sama kayak focus plant. Di flipd ini kita bisa live focus bareng-bareng, jadi lo gak fokus sendirian tapi bareng sama orang-orang. Keren banget, kan? 

Fitur-fitur mereka di antaranya ada productivity timers, lock distracting apps, reminders, etc. App ini ngebantu banget buat yang hidupnya kurang tertata macam gue dulu. Ada reminders yang ngebantu kita untuk create new habits. Tentunya kebiasaan baik, ya! 

Di app ini juga ada groups yang bisa kalian ikuti untuk kehidupan baru yang lebih tertata. Aplikasi semacam ini ngebantu banget buat lo yang susah dalam management waktu. So, gak ada alasan buat gak downloads aplikasi ini. 


Baca juga: Aplikasi yang Berguna Buat Anak Sekolah

 

3. Daylio 




Lewat app ini kalian bisa lihat mood kalian selama seminggu bahkan sebulan. Cara pakainya tinggal isi perasaan apa yang kalian rasain berikut dengan penyebabnya. Setiap hari ya isinya!  

Untuk akses semua fitur dari aplikasi ini kita harus bayar. Kalau lo cuma butuh fitur gratisnya ya gak usah bayar karena menurut gue fitur yang gratisnya juga udah bagus. Bagi yang mentalnya unstable, boleh di downloads karena cukup ngebantu. 

4. Study Bunny 




Aplikasi ini gak kalah gemoy dibandingkan dengan aplikasi focus plant. Aplikasi ini juga ngebantu kita supaya fokus, tapi ada semacam gamenya. Ketika kita selesai belajar alias timernya end, kita akan dapat rewards berupa bunny coin. Coinnya bisa untuk beli item yang gemoy parah, room, pakaian, sampai makanan. App ini memang marketnya untuk pelajar estetik macam gue makanya gue seheboh itu pas kasih tau ke kalian. 

Kalian harus banget punya aplikasi ini karena selain timer, dia ada fitur lain yang berguna banget kayak flashcards, to do list, dan informasi tentang daily study hours. Itu semua kalian dapatkan Free! gila banget gak, sih? aplikasi sekeren ini gretong

Kebangetan banget kalau lo gak gunain aplikasi sebagus ini. 

5. Wysa




Selain daylio, Wysa adalah aplikasi yang berguna banget untuk kesehatan mental. Ada yang free dan berbayar of course. Jadi kalian gak perlu login dan cukup use username aja. There are a lot of exercise that you can do tergantung sama problem yang dialami. Lo akan di arahkan untuk melakukan excersise tersebut. 

Untuk unlock semua therapeutic excersise you have to pay alias jadi user premium. If you wanna get therapist, then you have to pay too. Biaya berlangganannya cukup murah untuk aplikasi sebagus ini. 

Oh iya, ketika masuk ke aplikasi ini lo bisa masukin referal code gue yaitu "RJC4". Walaupun berbayar, tapi biayanya cukup affordable. Gak bayar pun lo bisa akses fitur keren dari aplikasi ini. 

6. Money Manager



Gue nyesel kenapa baru nemuin aplikasi ini. Kenapa gak dari beberapa tahun lalu aja gitu, karena ngebantu banget. Ada beberapa macam aplikasi money manager dan gue ada dua aplikasinya. Satunya untuk pribadi sedangkan satunya lagi untuk usaha. 

Dari situ kita bisa tau pendapatan dan pengeluaran kita selama satu bulan untuk apa aja. Instead catat di buku gue sih prefer input di aplikasi ini karena ada keterangan dan easy. Ada juga diagram lingkaran dan persen yang menampilkan pengeluaran atau pendapatan kita selama sebulan. 

Kalau kalian ngerasa tulisan ini dan tulisan sebelumnya berguna banget, please share ke teman kalian supaya yang belum tau bisa tau ada app bagus yang udah gue sebutin. Sebetulnya kalian gak perlu instal semua apps yang gue sebutin dari part satu sampai part dua. Kalian pilih aja app yang cocok untuk kalian karena pada dasarnya fungsi mereka sama aja. Cuma fitur tambahannya yang beda. 

Sengaja gue kasih banyak pilihan supaya kalian dapat referensi aplikasi yang sejenis. Habis itu kalian pilih deh, mana yang menurut kalian cocok. 

Buat yang lagi ujian semangat, ya! apapun hasilnya gue tau kalian udah melakukan yang terbaik. Seandainya hasilnya kurang bagus please jangan salahin diri kalian karena itu gak akan menyelesaikan masalah sebab udah terjadi. Jadiin bahan evaluasi untuk ujian berikutnya supaya hasilnya lebih baik. 

See you on next Friday, ma friends!


You May Also Like

0 komentar