All About Face Oil | Look At Me #37

by - December 20, 2020


HOLA!

Sebelumnya lo pernah gak, sih, dengen tentang face oil? setau gue, masih sedikit orang yang using face oil padahal fungsinya banyak banget. Kedengarannya a lil bt weird karena lo put oil on your face padahal kita itu gak suka kalau muka berminyak. Udah tau muka berminyak itu bikin risih, ini lagi ada-ada aja pakai minyak ke muka. 

Respon orang-orang di sekitar gue awalnya kayak gitu sebelum gue kasih tau fungsi dan result yang gue dapat dari face oil. Gue pun menemukan face oil randomly banget bahkan gue gak expect dia sebagus itu. Banyak banget typical face oil yang dijual di pasaran. Dari yang murah sampai yang mahal ada ceu. Tergantung kemampuan masing-masing. 

Semua yang gue share di tulisan ini adalah hasil try and error selama kurang lebih satu setengah tahun. Oleh karena itu, gue ngerasa yakin untuk bikin tulisan ini dengan harapan bisa jadi referensi bagi kalian yang hatinya bimbang dan gundah gulana mau pakai face oil atau enggak. Gue memang selebay itu so, don't mind it. 

I wanna start from the benefits of face oil so, make sure you guys baca tulisan ini sampai habis supaya gak ada salah paham di antara kita. Apa aja benefitsnya? simak look at me kali ini, kuy!

1. Primer

Sumber: biossance.com

The first one we can using face oil as a primer before makeup. Awalnya gue pakai face oil sebagai moisturizer di pagi hari and surprisingly makeup gue jadi tahan lama dan ketika keringetan pun sunscreen dan bedak gue gak luntur. Gue kesel banget kalau keringetan pasti sunscreen dan bedak jadi luntur kayak putih-putih gitu di wajah yang ganggu banget, tapi sejak gue using this one, dia justru bikin makeup jadi stay

Bye-bye kelunturan! 

Oh iya, kalau tadi kan casenya makeup gak luntur karena keringetan terus kalau muka kena air apa masih gak luntur? my answer is absolutely yes

Sebetulnya dalam pemakaian face oil ini gak klaim sweatproof apalagi waterproof. Makeup yang ada di wajah kita memang sedikit hilang, tapi gak yang luntur parah. Justru nih ya, ketika muka gue habis kena air justru makeup makin nyatu sama kulit dan hasilnya bagus banget ceu! bahkan orang-orang di sekitar gue sampai nanya kenapa makeup gue gak luntur padahal keringetan atau udah kena air. Jawabannya karena gue pakai face oil as a primer. 

2. Pelembap

Sumber: Weekend-creative.com


Berdasarkan informasi yang gue dapat, face oil bisa juga digunakan as a moisturizer. Oleh karena itu, gue coba pakai sebagai moisturizer dan primer sekaligus. Kalau soal ngelembapin ya namanya oil ketika kena muka ya cukup melembapkan dan feelnya beda sama pelembap yang water based. Menurut gue, kalau untuk dijadikan sebagai pelembap justru face oil ini kurang mantap. Padahal, face oil itu lebih melembapkan dibandingkan moisturizer yang water based. Gue sendiri prefer pelembap water based instead face oil

Itu untuk night skincare loh ya! kalau morning skincare gue lebih suka pakai face oil karena gak nunnggu lama untuk si prodak menyerap ke wajah. Tergantung selera dan tingkat kenyamanan setiap orang aja sih. 

Baca juga: Review Lippie Serum Raecca yang Lagi Hype

3. Mencerahkan Wajah

Sumber: Sephora.com

Ha? beneran? ada beberapa face oil yang mengklaim bisa mencerahkan wajah, tapi selama gue pakai face oil justru bikin warna kulit jadi satu tingkat lebih gelap. Daripada bikin cerah yang gue rasain justru kulit jadi halus. Gak tau juga ya di kulit orang lain kayak gimana, tapi ketika gue baca review orang-orang di internet ada yang kulitnya cerah pakai face oil. 

4. Menghilangkan jerawat

Sumber: Scientiabeauty.com


Selain untuk mencerahkan, bagi yang kulitnya berjerawat juga bisa pakai face oil buat ngilangin jerawat yang ada di wajah lo. Banyak orang yang kulitnya jadi lebih baik setelah pakai face oil. Wajar sih, soalnya face oil bener-bener memperbaiki tekstur kulit. Jadi, gak cuma numpas jerawat tapi dia juga bikin kulit jadi flawless

Kalau tadi udah bahas benefitsnya, sekarang gue mau kasih tau how to use face oil. Setau gue, ada dua cara. Cara pertama yaitu tetesin oil dari pipetnya langsung ke wajah setelah itu ratakan ke seluruh wajah. Cara kedua yaitu tetesin face oil ke telapak tangan terus gosokkan telapak tangan habis itu apply ke wajah dengan cara ditap pelan. Cara kedua lebih dianjurkan dalam pemakaian face oil supaya oilnya menyerap ke dalam kulit dengan baik.

Loh, bukannya cara pertama yang bikin oil menyerap dengan baik? 

Meneteskan oil langsung ke wajah bukan berarti oil akan menyerap dengan baik. Telapak tangan bikin oil menyerap dengan baik ke wajah makanya kebanyakan brand yang jual face oil lebih menyarankan pakai face oil pakai cara yang kedua. 

Mau ditetesin langsung ke wajah atau pakai telapak tangan, jumlah drops yang lo teteskan cukup 3-5 tetes aja. 

Walaupun banyak manfaatnya, bagi yang gak cocok pakai face oil biasanya mukanya jadi beruntusan bahkan berjerawat. Face oil juga bisa menyumbat pori-pori makanya untuk cari face oil yang cocok rada susah. Balik lagi, skincare itu cocok-cocokan dan gue beryukur banget kulit gue menerima face oil apa adanya. Makanya sampai sekarang gue cinta sama face oil sampai repurchased berkali-kali. 

Face oil banyak macamnya diantaranya sunflower oil, grapeseed oil, almond oil, ricebran oil, avocado oil, dan masih banyak lagi. Gue sendiri pakai yang ricebran oil karena yang ada kandungannya rice fungsinya buat mencerahkan that's why  gue pilih itu. Kenapa gue pilih yang mencerahkan? karena masalah hidup gue kulit kusam. 

Kalian bisa pilih face oil yang sesuai sama skin type kalian. Bagi yang udah pernah pakai atau masih pakai face oil please kasih tau gue face oil yang kalian pakai. Tulis di kolom komentar, ya! 

See you next Sunday, ma friends! 

You May Also Like

0 komentar