Aplikasi yang Berguna Buat Anak Sekolah | Talim #50

by - October 02, 2020




HOLA!

Setelah baca judul di atas apa kalian berpikir app yang ada di list ini adalah brainly, photomath, ruang guru, atau semacamnya? kalau mikir gitu jelas banget lo salah! 

Sebagai pelajar, masalah gue bukan cuma gak nemu jawaban pr. Ada masalah lain yang kurang dilihat padahal itu mempengaruhi kita dalam proses belajar dan menyerap ilmu. Kebanyakan orang nganggap ini sepele, tapi sebenarnya enggak sepele. 

Mantep, keren gak tuh intro dari gue? 

Sebelum lanjut ada info penting dari gue untuk kalian. Mulai hari ini sampai kedepannya talim gak cuma bahas tips, tapi ada kemungkinan buat bahas rekomendasi. Alasannya tentu masih sama, yaitu gue lagi buntu. Pokoknya kalau gue lagi bahas rekomendasi itu artinya gue lagi gak ada konten tips makanya diganti sama rekomendasi. Gak papa kan, ya? jelas gak papa karena ini blog kan gue yang nulis. Suka-suka gue. 

Dulu i decided buat post konten djournals sebagai pengganti postingan kalau salah satu dari 3 main konten gue gak update. Sekarang juga masih kayak gitu, tapi untuk talim bakal gue ganti. Gak menutup kemungkinan konten djournals tetap gantiin jam konten talim yang gak update. Pokoknya gitu. 

Banyak pelajar yang bermasalah sama time management, kurang fokus, dan paling parah sama mental. Di tulisan kali ini gue akan kasih list ke kalian berbagai app yang ngebantu kalian supaya belajar jadi lebih fun. Listnya akan lumayan banyak dan ada kemungkinan gue jadiin dua part. Mungkin juga gue satuin tergantung mood aja. Makanya pastiin kalian scroll sampai habis, ya!

Nah, apa aja rekomendasi appnya? simak talim kali ini, kuy!

1. Tide


Aplikasi ini adalah app yang dulu sering banget gue pakai ketika belajar. Gue ini typical orang yang bisa fokus belajar kalau sambil dengerin musik. Masalahnya, kalau dengerin lagu nanti yang ada gue malah nyanyi. Kan repot. Niatnya mau fokus malah jadinya gak fokus. 

Ini app akan berguna banget buat elo yang metode belajarnya kayak gue. Ada banyak sound keren yang bikin nyaman belajar. Sounds yang ada di app gak cuma berfungsi untuk belajar aja, tapi bisa juga buat tidur, nap, sama meditasi. Soundsnya ada suara rain, ocean, muse, fan, storm, umbrella, dan masih banyak lagi. Kalau mau lebih banyak sounds kalian bisa berlangganan fitur premium

Sumpah kalian gak akan rugi! 

Gak berlangganan juga fiturnya udah mantep banget. Selain karena soundsnya natural gue suka sama app ini karena quotes yang ada di sini menohok banget. Pokoknya lo harus banget downloads ini app karena sebagus itu. Cara pakainya juga mudah banget jadi kita gak akan kesulitan. 

2. Lo-fi Radio 



Sumpah gue nyesel banget pernah uninstall app sebagus ini. Alasannya karena gue gak paham cara pakainya padahal gampang banget. Beneran mau nangis saking bagusnya. 

Gue downloads lagi app ini, tapi pas gue unduh cuma ada lagu hujan doang. Setelah baca komentar yang ada di playstore gue baru bahwa ini app udah ditutup. 



Sedih banget, ceu! kayak cinta datang terlambat. Musik-musik yang ada di Lo-fi enak-enak banget. Gak berisik, tapi gak bikin ngantuk. Gue baru sadar musik di Lo-fi sebagus itu gara-gara nemu di youtube list lagu-lagu yang pernah ada di Lo-fi. 

Lagu mereka easy listening banget bahkan ada yang dipakai sebagai sounds di tiktok. Gue baru tau itu sounds dari Lo-fi. 

Kenapa tetap gue cantumin di sini? karena gue ngerasa bersalah, tapi di sisi lain gue cinta banget sama ini app. Kalian bisa dengerin musik yang pernah ada di Lo-fi lewat youtube atau spotify. Sumpah gue ngerasa bersalah banget pernah uninstall ini app dengan alasan yang bodoh banget. 

Baca Juga: Cara Menyusun Planner Untuk Pemula

3. LingoDeer



Another app yang gue suka banget ada LingoDeer. Ini app berguna banget buat lo yang mau belajar bahasa asing. Dia ngajarin cara baca, cara nulis, susun kata, dan kosa kata juga. Sebetulnya ada banyak app semacam ini, tapi yang gue list adalah yang ini karena selera. Gue juga suka duolingo dan gue juga suka app ini. Bedanya duolingo gak ngajarin how to write setiap huruf padahal itu gak kalah penting dari sekadar belajar kosa kata. 

Ada banyak bahasa yang bisa lo pelajari dari seluruh belahan dunia jadi pastiin ini app ada di hape lo. Cara belajarnya juga fun banget jadi gak akan bikin bosen. 

4. Cute Note



Berhubung gue ini menggemaskan makanya gue suka sama hal-hal yang bikin gemes. Contoh senyumanmu app ini. Gue pakai app ini sebagai planner yang dipajang di home ponsel supaya ingat. Tapi, gue pakai ini untuk nyatet daftar makeup yang mau gue beli, bukan untuk hal yang penting banget. 

Mau buat yang penting kayak jadwal ngabarin simpanan juga bisa banget. Biar gak bosen notenya gitu-gitu aja makanya pakai app ini. 

Berhubung gue anaknya gak puas kalau cuma punya satu, ada juga app semacam ini yang gak kalah ngegemesin yang gue pakai yaitu, Niki dan widget catatan memo lucu. 

5. Mood Path 



Dari tadi kita udah bahas app yang gemoy nan estetik. Nah, kali ini gue mau kasih tau app keren yang berguna untuk mental kita. Gue discover app ini pas mental gue anjlok parah dan gue mau coba perbaiki itu pelan-pelan. Itupun gue nemunya gak sengaja. 

Ada sesi ngobrol dan semacam rekaman yang bisa kalian dengar sesuai sama masalah kalian. Tapi semua yang ada di app ini pakai bahasa inggris. Jangan harap ada bahasa sunda. 

Supaya bisa akses semua fitur app ini sayangnya kalian harus bayar. Menurut gue wajar banget karena kualitas aplikasi ini gak main-main dan dengan cara aktifin fitur premium lo bantu app ini untuk terus beroperasi. Daripada appnya ditutup kayak Lo-fi, apa hati kecil kalian tidak sedih? 

6.  Youper



Last (di postingan ini), ada lagi nih app yang bisa ngebantu supaya mental lo lebih baik. Tujuannya masih sama kayak mood path, tapi cara kerjanya aja yang beda. Di youper kita bisa chatting dan dapat solusi untuk kondisi kita. 

Inget banget dulu gue sampai nangis pas chatting di app ini. Nangis bukan karena curhatan gue, tapi karena ini app sehelpful itu. Dia bener-bener ngebantu kita buat tenang dan ngerasa lebih baik. 

Again, gak mungkin aplikasi sebagus ini gratis. Supaya bisa unlock semua fitur kalian harus berlangganan sebagai user premium. Waktu itu gue coba yang gratis dan tetap bisa akses beberapa fitur, tapi gak semuanya. Fitur gratisnya cukup ngebantu jadi gak usah takut pakai hanya karena lo gak ada uang untuk berlangganan. 

Gimana, keren-keren, kan? pastinya dong. Ini baru separo dari list yang gue rekomendasiin ke kalian. Masih ada enam list aplikasi yang gak kalah keren dan akan gue posting di minggu selanjutnya. Pastiin kalian subscribe atau follow ig @Its.Heise biar gak ketinggalan notifikasi. 

See you on next Friday, ma friends!




You May Also Like

0 komentar