Tips Warna Makeup Untuk Kulit Sawo Matang yellow Undertone | Look At Me #32

by - September 20, 2020


HOLA!

Udah lama gue gak ngobrolin seputar makeup di label ini. Postingan-postingan sebelumnya tentang skincare dan niatnya gue mau lanjut bahas soalnya di draft gue banyak topik soal skincare. Biar gak bosen kita jeda dulu urusan perskincarean. 

Sebagai pemilik kulit sawo matang yang undertonenya kuning, jujur awalnya gue susah nyari warna produk kosmetik yang match ke kulit gue. Warna yang kurang cocok bikin look kita keliatan aneh dan terkesan norak. Dalam dunia makeup gak ada yang salah dan gak ada yang benar. Di postingan ini gue gak ada maksud buat menggurui apalagi menjudge soal tampilan makeup seseorang karena setiap orang punya selera yang berbeda dan makeup adalah art di mana lo bisa berkreasi sesuka lo. 

Sengaja gue tegasin itu di awal supaya gak ada salah paham di antara kita. Gue bikin tulisan ini tujuannya untuk ngebantu elo yang butuh referensi dan inilah referensi dari gue. Seperti itu. 

*Referensi untuk kulit sawo matang yang undertonenya kuning, ya!

Apa aja? simak look at me kali ini, kuy!


1. Pilih Warna Aman


Sumber: Instagram @Fentybeauty

Warna produk kosmetik yang aman buat kulit sawo matang di antaranya ada orange, bata, dan merah. Tiga warna itu paling aman buat berbagai macam warna di prodak makeup kayak eyeshadow, blush, maupun lipstick. Nah, untuk warna merah sebetulnya ada pengecualian dan gue udah pernah bahas lebih lengkapnya di sini.

Warna orange memberi kesan eksotis dan cerah untuk kulit kita. Beda lagi dengan warna bata, menurut gue warna ini bikin kita keliatan menawan. Nah, untuk warna merah yang rada hit and miss, dia bisa bikin kita keliatan seksi dan berani di waktu yang bersamaan. Merah juga bisa bikin kulit terlihat lebih cerah. 

Pemilihan warna merah yang kurang tepat bisa bikin gigi kita keliatan kuning dan cara milih warna merah yang cocok sama warna kulit kita adalah warna merah yang bikin gigi kita keliatan putih.


2. Warna di Prodak Complexion


Sumber: Clinique website

Produk complexion kayak bedak, concealer, dan foundation ngaruh banget ke makeup kita. Nah, cara pilihnya gak terlalu susah kok. Ya... meskipun di indo masih susah nyari foundation yang warnanya cocok tapi ada kok yang cocok. 

Buat kulit yang warnanya kayak kita gini nih, pilih yang warnanya cokelat kekuning-kuningan. In between. Cara gampang ketika gue kalo beli produk compelxion secara online biasanya gue pilih warna paling gelap. Tapi, ada beberapa brand yang warna paling gelapnya malah ngaco alias lebih terang. Kalau nemuin yang kayak gitu balik lagi ke cara sebelumnya, yaitu pilih warna yang cokelat kekuning-kuningan. Pokoknya yang cokelatnya lumayan pekat. 

Kalian jangan mau ketipu sama swatches karena KADANG di swatches beda sama yang di muka. Keliatannya pas di swatch warnanya gelap tapi pas dicoba di wajah malahan keterangan. Pokoknya kalo ada brand yang warna terakhirnya paling gelap di antara warna sebelumnya kalian langsung pilih aja warna itu. Kecuali brand yang ngasih nomornya ngaco itu beda lagi, ya!

Baca Juga: Review Pond's Gel Cream Moisturizer Orange Nectar + Vitamin C

 

3. Hindari Warna Neon 


Sumber: Website Colorpop 

Gimana sih bedain warna neon? gue rasa kalian bakal tau mana yang warna neon dan mana yang bukan. Warna neon ini jelas banget bikin tampilan kita jadi kurang bagus kecuali kalau lo mau dandan yang sedikit beda. Kalau mau aman ya hindari warna neon supaya gak terkesan norak. 


4. Hati-Hati dengan Warna Pink 


Sumber: Website Fenty Beauty 

Warna pink sama warna merah memang hit and miss jadi kudu hati-hati pilih warnanya. Menurut gue, daripada pilih warna pink better pilih warna orange. Kalau tetep mau pilih warna ini pilihnya pink yang agak gelap supaya warnanya keliatan di wajah kita. 


5. Warna Untuk Highliter


Sumber: Temptalia.com 

Mentang-mentang ngeliat orang pakai highliter di ujung mata dan di tulang pipi warnanya silver lo jadi ikut-ikutan pakai warna itu, padahal undertone kalian aja beda. Berdasarkan pengalaman gue dan beberapa riset kecil-kecilan, warna silver gak cocok buat kulit sawo matang. Warna putih atau warna silver bikin kita keliatan aneh dan gak natural. 

Tenang aja, ada kok warna yang cocok buat kita yaitu warna yang warm. Bisa pilih warna peach champagne, bronze, ataupun gold. Setiap upload foto gue selalu ditanya kenapa 'semantul' itu highliternya karena gue pakai warna yang cocok sama kulit gue, bukan pakai warna terang karena udah jelas banget gak cocok. 


6. Warna Untuk Bedak 


Sumber: Avon.com 

Meskipun di atas gue udah bahas soal complexion, tapi di poin ini gue mau fokus ke bedak karena yang sebelumnya itu lebih fokus ke warna foundation. Gak usah pilih bedak warna putih, kecuali translucent powder alias bedak yang fungsinya buat ngunci makeup

Untuk bedak yang kasih coverage atau kasih warna pilihnya sesuai sama warna kulit kita. Gak papa mau satu tingkat lebih cerah asalkan undertonnya masih sama yaitu kuning. Pokoknya pilih warna yang kecoklatan. Kalau di bedak tabur marcs yang shade creme.

Nah, mumpung ngobrolin perbedakkan, kalo mau pakai warna awal buat di eyeshadow juga jangan pilih warna putih karena bakal aneh. Sepengalaman gue kayak gitu, kalau kalian punya pengalaman yang berbeda boleh komentar di bawah. Kenapa gak boleh warna putih? alasannya masih sama kayak sebelum-sebelumnya. Pilih warna salmon atau orange muda sebagai warna dasar. Mau pakai bedak juga bisa asalkan warnanya match sama warna kulit kita. 


7. Warna Dasar Untuk Ombre Lips


Sumber: buxomcosmetic.com 

Kalian pernah gak sih ngerasa ombre yang kalian bikin ke bibir kalian gak secetar orang-orang? nah, kalau iya pasti ada yang kurang tepat. Sebelumnya gue juga udah pernah bahas di satu posingan khusus jadi kalo mau baca bisa klik link di sini

Gak semua orang cocok sama warna nude pink karena ada yang bikin ujung bibir kita malah keliatan aneh karena gelap ditimpa warna pink muda. Saran dari gue, pilih warna nude peach buat base ombre kalau kalian gak cocok pakai nude pink. 


8. Warna Untuk Ngeratain Bibir Gelap


Sumber: Ulta.com 

Waktu itu gue iseng-iseng cobain warna lipcream dan ternyata warnanya cocok buat di bibir yang pinggirannya gelap. Waktu itu gue coba lipcreamnya emina yang shade 14. Gue kira bakal kegelapan, tapi ternyata enggak dong! dia cocok banget sama warna bibir gue dan keliatannya kayak warna bibirnya tuh rata aja gitu. Dia warnanya ungu kecoklatan dan ternyata cocok buat ngeratain warna bibir. Tentu dia gak pucet jadi bisa dipakai sendiri. 

Ternyata banyak juga ya poin-poinnya. Semoga kalian gak kebingungan lagi untuk nyari warna yang tepat. Memang dalam makeup sering trial and error tapi dari situ kita bisa tau mana yang cocok dan mana yang enggak. 

Maaf ya gue belum bisa seproduktif biasanya, seminggu upload tiga kali di label yang berbeda itu karena ada suatu alasan. Di kondisi gue yang kayak gini susah banget buat nyusun tiga topik yang berbeda dalam seminggu ditambah prosesnya yang gak mudah jadinya lumayan nguras energi. Pelan-pelan gue bakal coba supaya bisa seproduktif sebelumnya. 

*Edited
Ternyata minggu ini gue berhasil update tiga kali semoga minggu depan dan seterusnya bisa konsisten. 

Kalau mau interaksi lebih sering sama gue dan dapat info menarik lainnya kalian bisa like atau follow social media yang ada di banner di bawah, soalnya gue mulai aktif di sosial media lagi. Buat yang udah ngikutin makasih, ya! tunggu konten menarik di tiap minggunya di instagram/fanpage karena kontennya sedikit berbeda dari blog ini. 

Segitu dulu tulisan ini karena udah panjang banget, stay healthy, ya!

See you next Sunday, ma friends!


You May Also Like

0 komentar