Cara Asik Ningkatin Minat Baca | Talim #47

by - July 17, 2020


HOLA!

Gimana kabar kalian selama karantina dan online school? gue harap kabar kalian baik-baik aja. Gue sendiri pun baik-baik aja makanya bisa nulis lagi kayak biasa.

Berhubung tahun baru ajaran udah dimulai, gue mau bahas sesuatu yang ada hubungannya sama belajar dengan harapan bisa bantu kalian. Sedikit cerita, gue baru aja lulus beberapa waktu lalu dan selama tiga tahun terakhir sekolah di SMK gue nyoba banyak metode belajar dan riset kecil-kecilan. Pelan-pelan gue akan share metode belajar dan semacamnya yang menurut gue cukup efektif. Di gue efektif dan semoga di kalian pun sama.

Untuk tips yang malam ini di bahas sebetulnya gak melulu soal belajar. Menurut gue, membaca itu penting banget dan sangat di sayangkan kalau kalian gak suka baca. Penyebab yang biasa gue temui yang membuat orang malas baca karena mikir buku yang dibaca adalah buku pelajaran. Maka dari itu membaca adalah kegiatan yang ngebosenin.

Ada alasan lain yang bikin malas baca contohnya teks yang dibaca panjang, topiknya ngebosenin, dan gak paham isi dari bacaan itu sendiri alias asal baca. Padahal tujuan kita baca suatu tulisan adalah untuk memahami isi dari bacaan tersebut. Gak cuma sekadar baca terus tutup. Setelah selesai baca harusnya ketika di tanya lo bisa menjelaskan isi dari bacaan itu at least main topicnya.

Mari buka pikiran kita bahwa membaca gak melulu soal baca buku pelajaran sekolah. Membaca lebih luas dari itu. Kalau kalian suka baca, kemungkinan besar ketika baca buku sekolah gak kesulitan apalagi ngerasa bosen. Kalian sendiri yang pasang mindset bahwa baca itu gak asik padahal gak selalu begitu.

Nah, apa aja sih cara biar suka baca? simak talim kali ini, kuy!

1. Cari Sumber Bacaan Selain Buku



Pertama-tama, mari ubah dulu mindset kita bahwa sumber bacaan cuma dari buku. Salah besar! sumber bacaan ada banyak banget apalagi sekarang zaman internet jadi lo gak usah pusing-pusing beli buku karena pada akhirnya cuma numpuk di lemari.

Di internet ada banyak banget aplikasi dan portal berita yang menyediakan sumber bacaan yang enggak sedikit. Bagi anak muda pasti kalian tau wattpad kan, ya? kalian bisa mulai dari wattpad buat yang suka baca novel. Fyi, gue pun aktif di wattpad sebagai pembaca dan penulis so, jangan lupa main ke lapak gue!

Gak cuma wattpad, ada banyak banget app lain dan yang paling gampang ada LINE. Selain fiturnya buat chatting, lo juga bisa baca berita di Line Today. Topiknya ada banyak dan setiap artikel dikelompokkan berdasarkan kategori. Pas SMP gue sering banget bacain berita di Line Today karena beritanya up to date dan pada saat itu gue lumayan gabut juga jadi sering baca artikel di sana. Oh iya, artikel yang ada di sana banyak yang bersumber dari portal berita terkenal jadi kita gak perlu buka satu-persatu portal berita karena di Line Today pun ada.

2. Baca Teks yang Pendek



Kalo burem di klik aja

Kebanyakan orang gak suka baca karena udah malas duluan liat paragraf yang panjang. Nah, biar gak malas coba baca suatu teks yang pendek. Kalian bisa baca artikel, puisi, cerpen, dan teks pendek lainnya. Berawal dari keisengan gue yang suka baca cerpen dari situlah gue mulai suka baca. Ya... walaupun cuma baca cerpen. Dulu gue suka baca di situs cerpenmu, gak tau sekarang masih ada atau enggak yang pasti di situ banyak banget cerpen menarik yang alurnya out of the box. Gue pernah kirim cerpen ke sana tapi gak diterbitin 😭

Buat yang lebih suka baca tulisan dalam bentuk buku gue nyaranin kalian buat baca prosa atau topik pengembangan diri karena biasanya teksnya gak sebanyak novel. Walaupun gue suka baca teks yang panjang tapi gue enjoy banget baca prosa karena ringkas dan bermakna.

3. Baca Teks dengan Tema yang Kita Sukai


Biasanya kalau kita melakukan apa yang kita sukai maka kita akan enjoy dalam menjalani kegiatan tersebut, begitu juga dengan membaca. Meskipun banyak yang suka novel, tapi gak semua orang suka sama semua genre novel. Biasain diri dengan baca teks dengan topik atau genre yang kita sukai maka dengan sendirinya kita bakal terbiasa baca suatu teks. Nantinya kita akan menerima teks lain meskipun isinya bukan sesuatu yang kita suka. Gue pribadi suka buku dengan tema pengembangan diri karena asik dan ada ilustrasinya juga.

Gue punya teman, cowok, sebut aja Jae. Si Jae ini bukan orang yang suka baca tapi dia tau topik apa yang cocok sama dia. Dia mau baca buku dengan tema yang dia suka dan menurut gue itu awal yang bagus. Bahkan, dia pernah nyaranin gue buat baca buku yang dia baca dan kalau gak salah dia juga pernah nanya soal wattpad ke gue.

Jae aja yang malas baca buku pelajaran punya novel dengan tema yang dia suka. Gue yakin kalian pun bisa kayak Jae. Bukan hal yang salah kalau kita mau ningkatin minat baca dengan cara baca teks yang kita sukai dulu. Pelan-pelan aja, biasain diri sama bacaan nanti juga minat baca kalian akan meningkat.

Baca juga: Lawan Overthinking

4. Ikuti Rasa Penasaran


Ketika baca suatu bacaan kita akan penasaran dengan kelanjutan dari bacaan tersebut. Kayak baca novel aja, akan ada di suatu part yang bikin kita gak berhenti baca karena penasaran. Dari rasa penasaran itu bikin kita ingin tau kelanjutan cerita atau novel lain dengan genre yang sama.

Sering banget rasa penasaran muncul dengan sendirinya dan bikin kita cari something new yang sejenis sama bacaan yang udah kita baca. Contoh gampangnya tadi. Ketika baca buku RPUL bikin gue penasaran letak dunia dan apa sih yang sebenarnya terjadi? oleh karena itu, gue beli atlas dan baca buku pengetahuan lain untuk menghapus rasa penasaran gue. Semakin kita kepo, semakin banyak informasi baru yang kita dapat.

5. Ikut Perkumpulan Buku atau Sharing Sama Teman

Sumber: Pinterest

Di drama "When the Weather is Fine" gue senang ketika ada scene perkumpulan klub buku. Satu anggota nyeritain isi dari buku yang dia baca sementara anggota lain nyimak dan di akhir baru bahas bareng-bareng. Asik banget, kan, ya? kalau menurut gue sih asik.

Kalau sulit buat gabung ke klub buku mending sharing aja sama temen segeng lo. Daripada gibahin kakel yang baru jadian sama cewe cantik mending bahas buku yang kalian baca ke teman-teman. Lagi jamkos gitu kan, mending ngebahas tokoh novel A yang cintanya ditolak mulu atau bahas majas yang ada di puisi yang udah lo baca. Selain terhindar dari dosa, waktu yang lo habisin jadi bermanfaat.

Gue sih gak yakin ada ada anak muda yang jamkos ngebahas kayak gini. Kalau lo salah satunya boleh kasih tau gue, ya, di kolom komentar!

6. Baca Teks Berbagai Topik 




Ketika minat baca lo mulai meningkat dan lo mulai haus akan bacaan alangkah lebih baiknya lo baca bentuk bacaan lain atau baca teks yang genrenya bukan yang lo suka. Ayo keluar dari zona nyaman!

Semakin banyak lo baca teks dengan genre berbeda, makin banyak juga kosa kata dan pengetahuan baru yang lo dapat. Perlahan lo akan tau ada kata-kata yang artinya beda karena konteks. Guru les gue pernah bilang kayak gitu dan setelah gue terapkan emang benar.

Gak usah buru-buru! pelan-pelan aja. Gue nulis cara ini dari sudut pandang orang yang benar-benar gak suka baca sampai pada akhirnya suka baca. Yeah, its me, ditambah dengan pengalaman dari orang lain. Gue pernah ada di titik cuma baca kemudian ada di posisi mulai paham isi bacaan yang gue baca.

Dengan beberapa tips yang gue tulis semoga bisa membantu kalian karena membaca beneran ngaruh banget ke kehidupan kita. Semoga bermanfaat!

See you next Friday, ma friends! 

You May Also Like

0 komentar