Kebiasaan Gak Bagus Kpopers Zaman Sekarang | About Korea #40

by - April 04, 2020


HOLA!

Izinkan gue menghela napas berat sebelum menulis postingan ini.

Udah.

Makin ke sini kebiasaan kpopers bikin gue mengelus dada karena kaget beb, di jaman gue baru masuk kpop gak kayak gini. Intinya gue shock. Fandom yang sekarang lebih sensitif seperti pantat bayi. Tapi gak semua fandom juga balik lagi ke individu. Mostly kalian juga akan ngeh pas gue kupas satu-persatu nanti.

Pembaca lama blog ini pasti tau gue udah jadi kpopers sejak zaman purba. Dari masa Suju lagi jaya-jayanya dan SNSD yang terkenal dengan lagu Gee. Di atasnya gue ada lagi sunbaenim penggemar tvxq maybe? jadi anggap gue gak tua-tua banget lah.

Selama bertahun-tahun jadi kpopers gue bisa bandingin perbedaan zaman dulu dan zaman sekarang. Sebelum emosi gue keluar mending kita bernostalgia dulu. Jadi, sesama kpopers kita saling bertukar cerita.

Kpopers jaman dulu pasti kenal sama fanspage "Jamban Salah Gaul/Smtown Salah Gaul" kalau gak salah namanya gitu. Itu adalah fanbase terbesar pada masanya. Dulu mah boro-boro ngumpulin pc bias, dibikinin id card sama admin fanbase aja kek di notis bias.



Sumber: Google


Jangankan streaming mv, nonton mv aja diomelin sewarnet yang lagi main pb. Dulu kami hina banget di mata orang-orang warnet. Baru dateng udah di wanti-wanti gak boleh buka yutup coba.

Berantemnya juga bukan fandom Exo-L Vs Army tapi Sone Vs twibi/twiboys. Ya ampun kelam banget.

Mari kembali ke zaman sekarang dan bahas kebiasaan gak bagus kpopers yang sekarang. Apa aja? simak About Korea kali ini, kuy!

1. Ribut Gak Jelas

Pernah gak sih lo bacain komen tiba-tiba pada saling hujat karena satu postingan yang kita gak tau kebenarannya? nah, sering tuh gue nemu yang modelnya kayak gitu. Kayak, apa sih? apa yang kalian ributin? biar apa beb? gue yakin lo juga sering nemu yang kek gini. Respon lo gimana? jadi tim nonton atau tim ribut? lemme know.

2. Gak Vote Bukan Fans




Setiap akhir tahun ada acara penghargaan di mana fans berpartisipasi untuk kemenangan idol. Para fanbase nyebarin link dan nyuruh vote tiap hari pakai akun yang berbeda. Bagus saling mengingatkan dan mendukung idola kita, tapi mau vote atau enggak ya pilihan masing-masing.

Ada aja yang nyebut gak vote bukan fans. Iya sih, ngevote tuh gak lama, tapi kalau 'dipaksa' kan kayaknya gak nyaman. Iya gak, sih? gak koar-koar bukan berarti gak vote loh, ya! 

Bentuk cinta penggemar ke idol tiap orang tuh beda. Ada yang beli album, ada yang modal vote, streaming, dan ada yang modal cinta doang kayak gue. Ayolah gak usah di bikin serius. Kita suka kpop sebagai hiburan. Masa iya gak ngevote dibilang bukan fans. Cukup ingetin. Kalau dianya gak mau jangan di paksa. 

3. Album dan Merch Hukumnya Wajib




Auto bangkrut kalau gue nerapin ini. Bagi anak sultan yang hartanya melimpah kek air terjun si enak ya, kalau yang modal cinta cem gue ini ya nangis lah kalo album hukumnya wajib. Balik lagi kayak poin nomor dua, bentuk cinta setiap orang berbeda jadi jangan dipukul rata.

Bagus banget lo dukung idol dengan cara beli album atau merch tapi mau lo beli sebanyak mungkin, gak bikin idol jadi kenal lo. Mau beli banyak atau enggak ya tetap sama. Sama-sama penggemar.

Sebelumnya gue udah pernah bahas ini kalau mau baca klik aja link di sini.

4. Nomor 1 = Selalu Bagus




Ketika bias comeback para fans berlomba streaming mv sama lagu biar auto trending. Bagus sih ngedukung idol kita tapi gue kurang setuju sama istilah number one always good. Banyak lagu dari idol lain yang gak nomor satu atau trending tapi lagunya bagus dan enak di dengar.

Berambisi boleh, tapi jangan segitunya.

Kunjungi Juga : Rekomendasi Drama Terbaru

5. Bias is Mine




Banyak fans kpop yang gak mau biasnya punya pacar. Pas ada berita bias dating lo langsung sedih dramatis gitu terus malah ngehate bias lo. Habis itu langsung ngehujat pacar si bias abis-abisan dan nyari aib oran lain.

Gue juga sedih bias dating tapi mau gimana lagi? bahkan dia gak tau lo siapa. Kalau lo ngefollow ig pribadi gue pasti tau ada highlight yang judulnya halugen di mana gue  ngehalu bahwa bias gue adalah pacar. Yes, gue juga bim.

Gue ngebim buat bahan candaan aja biar asik, bukan berarti gue beneran mikir bias adalah orang yang bisa gue milikin. Ada berita bias dating ya wajar sedih tapi jangan berlarut-larut. Inget, bias juga manusia yang butuh cinta dari seseorang yang dia sayang. Sebagai fans harusnya kita ngedukung, bukan malah ngehujat.

Karena bim inilah ada istilah fujo dan fudan. Gue udah pernah bahas secara lengkap jadi kalian klik di sini. Gue pernah masuk ke grup fujo karena penasaran dan gue kaget banget. Itu adalah salah satu pengalaman yang unik di dalam hidup gue. Ada sebagian fans yang shipperin bias mereka yang ada di grup yang sama sebagai penyuka sesama jenis. Menyedihkan.

Dan gue suka. Gue suka kalau konteksnya candaan, bukan serius he/she is gay/lesbi. Gue masuk ke beberapa grup dan ternyata cukup mengerikan ya.

Alasan kenapa mereka dukung bias suka sesama member karena gak mau biasnya jadian sama cewek, untuk yang idol cowok. Dan sebaliknya. Itu pendapat gue. Selain itu, gue pernah baca dari artikel korea yang ngebahas fans kpop ngedukung bias suka sesama jenis dan komentar dari netter korea mantap banget. Mereka sepemikiran sama gue. Ngerasa miris sama dunia kpop.

Dulu SNSD pernah collab sama 2PM ngerilis mv yang judulnya cabi song, which is lagu yang isinya iklan. Andaikan Red Velvet bikin video kayak gitu sama BTS, apa gak baku hantam fandomnya?

Tolong cintai idol sewajarnya.

6. Gampang Panas 

Seperti yang kita semua tau ya, kpopers adalah alay penyuka plastik. Banyak postingan yang jelek-jelekin kpopers eh abis itu emosinya kepancing dan ribut lagi. Aduh capek member red velvet yang ke-6 ini.

Gue tau kalian gak terima tapi mulai atur emosi, yuk! gak usah ladenin yang gak penting. Malu lo jelasin sampe mampus juga mereka gak akan paham.

7. Multifandom = Fans Musiman 

Ini udah pernah gue bahas sebelumnya di salah satu postingan about korea. Kalian bisa baca secara lengkapnya di sana. Pernyataan ini gak sepenuhnya salah. Gini ya, kita kan suka kpop bukan buat di serius nih, bukan masalah kalau suka lebih dari satu grup. Gak semua orang bisa setia sama satu fandom apalagi satu idol. Bukan berarti ninggalin fandom, tapi suka sama grup lain juga. Lo akan paham maksud gue pas baca postingan gue tentang poin ini.

Singkatnya kayak yang tadi udah gue jelasin. Wajar orang lebih dari satu fandom karena kita suka korea buat have fun.

Setuju sama yang gue tulis di atas? kalau ada yang kurang boleh tambahin lewat kolom komentar. Jangan-jangan lo malah gak setuju? boleh di sanggah dengan catatan disertai alasannya, ya!

See you next Saturday ma friends!

You May Also Like

2 komentar

  1. Bener, sekarang streaming mv tuh bener-bener wajib. Hampir di semua fandom. Lama-kelamaan aku jadi gak betah jadi kpopers dan berusaha ninggalin pelan-pelan. Ya masa kita buang-buang kuota cuma buat streaming sama vote :(

    ReplyDelete