Cara Milih Sunscreen yang Cocok | Look At Me #30

by - April 19, 2020


HOLA!

Masalah sunscreen gue akui memang agak rumit tapi gak usah di bikin pusing karena di tulisan ini gue akan mempersimpel. Dulu gue juga bingung cara milih sunscreen segala ada physical sunscreen dan chemical sunscreen. Pasti kalian yang pernah baca soal sunscreen gak asing sama istilah itu. Setau gue perbedaannya ada di bahan dan mekanisme kerja. Fungsinya sama buat ngelindungin harga diri kulit dari paparan sinar matahari. Udah gitu aja jangan dibikin ribet.

Gue gak mau bahas panjang lebar soal perbedaan dua hal tadi karena ribet dan gak semua orang akan paham jadi kita tarik kesimpulan aja. Gak usah pusingin bahan ini bahan itu. Selama lo cocok dan gak ada reaksi alergi ya pakai aja.

Selain tipe sunscreen tadi, gue mau kasih tips tambahan buat milih sunscreen yang cocok di kulit. Tenang aja cara milihnya gak susah kok! apa aja? simak look at me kali ini kuy!

1. Terjangkau

Jelas pilih prodak yang sesuai budget jangan beli yang mahal karena yang murah juga banyak yang bagus. Gue ada rencana buat bikin list rekomendasi prodak sunscreen yang terjangkau jadi, tunggu aja postingannya.

2.Gak Bikin Jerawatan dan Komedo 

Jangan dipakai lagi kalau prodak yang lo gunakan nimbulin jerawat dan komedo alias gak cocok. Reaksi setiap kulit orang beda-beda ada juga yang kulit wajahnya panas. Nanti di poin selanjutnya gue jelasin kenapa sunscreen bisa nimbulin reaksi alergi. So, keep reading guys!

3. Gak Bikin Wajah Kusam 

Cari prodak yang gak bikin muka kusam sebenarnya agak susah dan kebanyakan sunscreen yang gue coba pun bikin kusam. Kalau lo gak masalah sama hal ini ya silakan tapi gue pribadi bermasalah soalnya masalah hidup gue adalah kulit kusam. Tapi, saran dari gue cari sunscreen yang gak bikin kusam atau yang ada efek brightening.

Kenapa gak whitening? biasanya whitening bikin kulit sawo matang jadi abu-abu makanya cari yang klaim brightening. Kadang yang klaimnya brightening pun bikin abu-abu so, be careful. 

Nanti kalau gue udah post rekomendasi sunscreen akan gue taro link nya di postingan ini. Itupun kalau gak lupa. Review sunscreen bisa dilihat di instagram @Its.Heise dan blog ini bagian look at me. Gue pernah review beberapa sunscreen jadi, silakan baca sendiri.

4. Tanpa Whitecast 

Nah, ini juga rada susah nyari sunscreen yang gak bikin whitecast. Whitecast tuh apa si? Whitecast adalah keputih-putihan yang muncul setelah dioles krim atau lotion. Biasanya whitecast bikin muka kita di foto jadi rada aneh kalau pakai flash. Pokoknya bikin putih tapi bukan putih yang normal kayak kulit orang.

Sedikit spoiler, list yang gue bikin nanti semuanya gak nimbulin whitecast jadi aman. Biasanya sunscreen asal korea bikin whitecast tapi gak semua. 

5. Minimal Mengandung Spf 30 

Di pasaran banyak sunscreen yang kandungan spfnya macam-macam ada yang 15, 30, 50, bahkan ada yang 100. Cari aja yang mengandung spf 30. Di pasaran banyak banget pilihannya dan prodak berspf 30 yang umum dijual.

Ngomongin soal prodak berspf lo harus hati-hati nih. Ada makeup yang mengandung spf tapi bukan berarti lo bisa pakai makeup tanpa pakai sunscreen terpisah. Kurang tepat, ya! karena sunscreen kerjanya akan optimal jika dipakai terpisah.

6. Mudah Dibaurkan 

Beberapa prodak sunscreen ada yang gak gampang rata dan susah dibaur. Kalau susah di baur nanti di muka kita malah gak rata dan jadinya aneh. Pilih prodak yang easy to blend biar pas dipakai gak nyusahin.

7. Alcohol Free and No Fragrance 

Last, buat yang kulitnya sensitif kalian harus cari sunscreen yang bebas alkohol dan pewangi karena bahan itu yang bikin kalian gak cocok dengan prodak tertentu. Baca aja komposisinya atau liat di website skincarisma. Bisa jadi efek alergi yang ditimbulkan karena dua bahan tersebut. Ada juga yang bilang paraben bikin alergi juga jadi kalian coba sendiri biar gak salah.

Jangan malas baca, ya!

Gak susah, kan? harusnya sih enggak soalnya gue udah bikin tulisan ini sesimpel mungkin supaya yang pemula dalam skincare kayak gue ini bisa paham dengan baik. Oh iya, takaran pakai sunscreen sebanyak dua ruas jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Pakai ke wajah, leher, dan daun telinga.

Udah ya gak usah pusing lagi milih sunscreen karena gue udah jabarin caranya di atas. Mau gak mau harus coba karena ngandelin review dari orang belum tentu di kulit lo bereaksi kayak gitu juga. Review yang gue bikin silakan dibaca sebagai referensi dan jangan ditelan mentah-mentah karena skincare di kulit orang reaksinya gak sama.

Selamat jajan sunscreen! semoga cepat ketemu prodak yang berjodoh di kulit kalian.

See you next Sunday ma friends!




You May Also Like

0 komentar