Cara Simpel Atur Goals | Talim #36

by - January 04, 2020


HOLA!

Setiap orang pasti punya tujuan yang mau diwujudkan, baik tujuan jangka pendek atau tujuan jangka panjang. Ada yang udah punya gambaran apa yang mau dilakukan khususnya di tahun ini dan ada juga yang belum ada gambaran dan ngikutin alurnya aja. Bagus kalau lo udah punya goals tapi buat yang belum kepikiran apa-apa juga gak usah sedih sebab ada orang yang melakukan sesuatu secara spontan.

Menurut gue goals penting banget supaya lo tau tujuannya mau ke mana jadi tinggal cari jalan. Goals juga gak harus banyak atau tinggi, seenggaknya ada satu hal yang mau lo capai. Gue berani bikin tulisan ini karena gue udah melakukan penelitian ala-ala selama setahun. Tahun kemarin tepatnya. Gue ngabandingin tahun kemarin sama tahun-tahun sebelumnya.

Kunjungi Juga: Cara Jadi Manusia Keren

Gue ngebandingin waktu yang gue lewati baik tahunan atau bulanan dengan punya goals sama yang gue biarin ngalir gitu aja. Di gue lebih baik punya tujuan yang mau diraih supaya lo gak menye-menye dan hidup rasanya semangat.

Gue harap beberapa cara ini works juga di kalian. Apa aja? simak talim kali ini, yuk!

1. Beli Buku Planner 




Ini cara termudah buat lo yang anaknya mager ngebujo kayak gue jadi tinggal isi pertanyaan atau kolom yang ada buku itu. Planner ada yang bentuknya buku dan yang kertas. Jangka waktunya juga beda-beda jadi, sesuain aja sama kebutuhan.

2. Buat Target 



Lo gak harus nulis di planner atau buat bujo kalau punya target yang spesifik. Cukup tanam di otak apa yang mau dicapai. Gak usah langsung buat target selama setahun kalau ngerasa susah. Cukup buat target mingguan atau bulanan terus evaluasi apa jalan yang lo tempuh ini efektif atau kurang efektif.

3. Tulis Daftar Keinginan Jangka Panjang dan Pendek





Barusan aja gue singgung di poin kedua yang intinya gak jauh beda. Untuk yang satu ini lo cukup andalkan imajinasi aja. Tulis aja keinginan yang mau lo wujudkan sampai keinginan yang gokil sampai gak masuk akal. Gapapa, tulis aja.

Untuk wish di jangka pendek usahain yang realistis jangan ngehalu sama sekali. Tulis sesuatu yang benar-benar mau lo wujudkan supaya lebih terarah.

4. Evaluasi 




Tahap ini gak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Lo wajib evaluasi baik bulanan atau di akhir tahun. Better perbulan biar lo tau step yang lo tempuh buat mencapai si target atau keinginan ini udah terlaksana dengan baik atau lo butuh step lain. Ngerti gak? ngerti, kan? semoga paham maksud gue.

Gue harap lo udah dapet gambaran dan udah tau mau kayak gimana kedepannya. Semoga tips ini bisa ngebantu kalian.

See you next Friday ma friends! 






You May Also Like

0 komentar