Berdamai Dengan Diri Sendiri | Talim #38

by - January 17, 2020


HOLA!

Sejak beberapa waktu lalu gue mau fokus nulis tentang pengembangan diri di talim. Mungkin lebih tepatnya pengembangan karakter siapa tau bisa bantu anak remaja yang lagi pencarian jati diri kayak gue ini. Kalau kalian udah baca talim dari lama pasti tau gue sering bahas sesuatu yang ada kaitannya sama diri sendiri.

Salah satu hal tersulit yang biasanya kita hadapi adalah permasalahan sama diri sendiri atau perang batin. Bayangan yang kita buat sendiri gak jarang malah menjatuhkan kita.

Well, pembahasan kali ini lumayan berat dan gue mau kita sama-sama fokus. Banyak yang nyepelein hal ini tapi sebetulnya ini penting. Ibaratnya lo gak bisa memenangkan hati orang lain kalau lo gak kenal diri sendiri. Maksudnya berdamai tuh kayak gimana sih? ya lo menerima apa yang ada di dalam diri lo dan gak bikin asumsi negatif tentang elo. Lo gak akan mencoba buat jadi orang lain ketika udah damai sama diri lo sendiri. Serius deh, masa iya gue bercanda.

Nah, apa aja caranya? simak talim kali ini, kuy!

1. Terima Kekurangan


Dilihat sekilas emang gak ada hubungannya sama sub judul tapi kalau lo peka pasti tau maksud dari foto ini. Fyi foto-foto selanjutnya juga punya makna kalau kalian ngeh.

Semua orang punya plus minus masing-masing tergantung lo mau tonjolin yang mana. Lo harus tau di mana kekurangan lo dan terima. Karena udah nerima kekurangan bukan berarti lo gak cari cara supaya kekurangan itu tertutupi. Ibarat jerawat, lo cuma bisa nutupin warnanya lewat foundation.

Bukan berarti lo udah nerima kekurangan terus ya udah gitu aja tanpa cari tau solusi buat nutupin kekurangan itu. By the way, sebelumnya gue udah pernah bahas cara ngatasin kekurangan so make sure kalian scrool talim buat cek sendiri. Udah 2020 jangan males!

Yaudah nih gue taro linknya karena gue tau lo pada pasti males.

2. Bersyukur



Banyak yang mencoba jadi orang lain karena gak puas sama apa yang ada di diri sendiri. Bersyukur ini penting banget di dalam hidup supaya kita gak terbebani sesuatu yang sebenarnya gak penting juga. Balik lagi, terima aja apa yang ada pada diri lo dan keadaan.

Kunjungi juga : Rasa Insecure Bisa Lo Atasi

3. Percaya Diri 



Gue sangat menyayangkan orang yang gak percaya sama dirinya sendiri dan selalu merendahkan kemampuannya seolah gak bisa apa-apa. Hey gurls! gak ada salahnya buat pede. Mau lo di kata narsis ya biarin aja. Tanda lo bisa nerima diri apa adanya adalah jadi pede.

4. Sayang Sama Diri Sendiri



Bentuk kita sayang sama diri kita di antaranya gak membandingkan diri sama orang yang keadaannya di atas kita, gak ngejaga dan ngerawat fisik yang Tuhan kasih, dan gak memandang rendah diri sendiri. Selama ini lo udah ngelakuin at least tiga hal yang gue sebutin tadi, belum? gak sadar ya? sebelumnya gue udah pernah bahas ini di satu tulisan khusus jadi silakan klik di sini buat baca selengkapnya.

Lo ini berharga. Lo istimewa. Walaupun gak ada yang sayang sama kita seenggaknya jangan sakitin diri kita. Selain kita, siapa lagi yang peduli kalau bukan kita sendiri? banyak banget hal kecil yang menandai bahwa kita gak sayang sama diri sendiri. Contohnya yang tadi gue sebut di atas.

Yuk, mulai sekarang jangan sakitin diri lagi. Baik lewat pikiran toxic maupun nyakitin badan.

Empat poin tadi gue rasa bisa membuat lo damai sama diri sendiri meski ngelakuinnya susah minta ampun. Trust me, kalian pasti ngerasa lebih baik setelah menerima apa yang ada di diri kalian. Yang susah bukan ngelawan orang lain tapi ngelawan diri sendiri.

See you next Friday ma friends!






You May Also Like

0 komentar