Bangkit dari Problem Bullying | Talim #39

by - January 24, 2020



HOLA!

Dari hasil riset kecil-kecilan gue bisa ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar orang pernah ngalamin bullying. Seperti yang kita ketahui, orang yang melakukan bullying gak kenal usia dan banyak terjadi di masa anak-anak dan remaja. Gak cuma fisik yang dijadiin bahan olok-olokan tapi sesuatu yang bikin kita berbeda justru hal itulah yang bikin seseorang ngalamin kejadian gak enak.

Sama kayak kalian yang baca tulisan ini karena judul (mungkin) gue juga pernah ngalamin hal serupa sampai pingin pindah sekolah. Lebih tepatnya pas gue sekolah dasar. Kalau gak ada nyokap gue gak tau apa yang saat itu gue lakukan buat ngebela diri sendiri. Lewat tulisan ini gue mau sharing sama kalian cara yang pernah gue gunakan waktu ada di posisi itu.

Mau nangis juga gapapa silahkan aja. I know that feel sis. Rasanya kesel karena selalu diinjak-injak tapi kita gak mampu lawan. Mau cerita juga bingung jadi cuma dipendam sendiri. So, apa aja tipsnya? simak talim kali ini, kuy!

1. Sabar



Sumber: Pinterest

Kudu sabar sama kelakuan orang itu biar ke kita sendiri gak nimbulin penyakit hati. Mau dilawan juga percuma. Justru mereka senang karena lo kepancing sama ucapan mereka. Sabar memang hal yang gak mudah tapi gue yakin lo bisa.

2. Lawan Lewat Prestasi 



Sumber: Pinterest


Nyokap gue selalu bilang bahwa gue gak boleh lembek dan lawan mereka semua lewat prestasi. Jangan peduliin ucapan mereka dan fokus sama tujuan. Biasanya walaupun prestasi lo bagus mereka tetap ngomongin dan itu wajar. Mereka punya mulut yang gak bisa kita atur semau kita. Kata psikolog gue, kamu tinggal pilih mau percaya ucapan mereka atau enggak.

3. Belajar Cuek 



Sumber: Etsy


Poin ini gue singgung sedikit di poin ke dua if you guys sadar. Hal yang gak kalah sulit dari sabar adalah cuek. Gak usah pikirin apa kata mereka karena itu cuma membuang waktu kita yang berharga. Ada saatnya mereka capek karena kita gak ngerespon jadi mereka berhenti ganggu kita. Orang sabar belum tentu cuek tapi orang cuek dapat dipastikan dia sabar.

Kurang setuju sama opini gue? boleh disanggah lewat kolom komentar. Fyi, gue hanya membalas sanggahan dengan catatan bukan komentar dari anonim, ya!

Kunjungi juga : Berdamai dengan Diri Sendiri

4. Tetap Berpikir positif 



Sumber: Pinterest


Mau seburuk apapun kondisi lo usahain tetap punya pemikiran yang positif supaya kalian gak kebawa energi negatif dari mereka. Di hidup ini gak cuma hal buruk yang terjadi tapi setelah itu pasti lo akan ngerasain sesuatu yang baik. Entah hal baik itu lo sadari atau gak lo sadari.

5. Cari Perlindungan



Sumber: Pinterest


Gak ada salahnya minta tolong ke orang sekitar ataupun ke pihak yang berwenang. Semisal lo udah gak tahan banget sama perlakuan orang lain yang udah keterlaluan lo bisa lapor ke guru BK untuk yang di sekolah. Gue tau lo takut mereka justru makin merisak lo setelah lo lapor jadi ada rasa takut juga. Saran gue, mending lo cari perlindungan dulu dan gak usah mikirin sikap mereka kedepannya.

Don't worry friends, you're not alone. Sebenarnya ada orang yang sayang dan peduli sama lo meskipun lo gak sadar.

6. Jangan Menunduk!



Sumber: Pinterest


Nah, yang satu ini buat lo yang punya sedikit nyali tapi ada rasa takut ke orang yang bully. Jangan ragu-ragu dan angkat sedikit kepala lo kemudian tatap mata mereka dalam-dalam. Dengan lo tatap aja mereka pasti gemetar walaupun lo gak bicara. Mereka pasti ngerasa was-was soalnya lo gak nunjukkin bahwa lo lemah.

Alasan gue menggunakan kata "Mereka" karena orang yang kerjaannya ngejahatin orang lain kebanyakan gak sendiri. Ada dekingan yang ngeback up seandainya yang dirisak berani ngelawan. Gak mudah ngatasin masalah ini tapi gue yakin lo pasti bisa asalkan ada kemauan dan sedikit keberanian. Gak mau kan di tindas terus? semoga yang gue share ini bisa ngebantu kalian.

Kalau mau cerita boleh banget lewat komentar atau kirim email yang ada di bawah. Buat lo yang ada di situasi ini semoga cepat keluar dan hidup dengan nyaman.

See you next Friday ma friends...




You May Also Like

0 komentar