Ff, Fujoshi, Fudanshi, dan Shippers itu apa, sih? | About Korea #34

by - November 02, 2019




HOLA!

Pasti banyak istilah aneh dan gak pernah lo dengar sebelumnya ketika masuk ke dunia kpop. Nah, kali ini gue mau kasih tau kalian yang belum paham apa itu ff, fujo, fudan, sama shippers. Istilah ini termasuk istilah dasar yang gak penting-penting amat buat hidup lo tapi cukup penting di kpop soalnya sering dipakai. 

Of course empat istilah yang malam ini kita bahas adalah contoh dari banyaknya istilah lain yang gue lagi malas buat bahas. Sengaja gue cuma bahas sedikit dan keempatnya bertautan satu sama lain. Bertautan di mana? nanti gue jelasin. 

Penasaran? simak About Korea kali ini, yuk!

Fan Fiction / FF

Dari artinya pasti tau dong ff itu apa? yup, ff adalah singkatan dari fan fiction yang artinya fiksi penggemar. Fan fiction adalah sarana buat ngehalu bagi penggemar yang menganut bias is mine. Gue contohnya. Jadi, ff ini cerita dalam bentuk novel atau komik yang pemerannya adalah idol kpop.

Setau gue sebelum booming app wattpad kami para bim ngehalu lewat situs atau app yang bernama Fan Fiction. Di situ isinya novel yang ditulis oleh banyak author dengan berbagai grup kpop yang dianut. Konflik novel-novel di situs itu kuat banget dan ceritanya enak dibaca. Sayangnya banyak novel bertanda plus-plus yang artinya gak semua usia bisa baca. Tapi gue yakin lo gak peduli dan akhirnya tetap baca. 

Fujoshi 

Entah kata ini berasal dari bahasa Jepang atau Korea, gue sendiri gak yakin kata ini dari bahasa Korea. Kalau lo tau boleh banget kasih tau gue lewat kolom komentar. 

Fujoshi adalah istilah bagi cewek yang suka sama pasangan sejenis entah cewek dengan cewek maupun cowok dengan cowok. Biasanya penggemar suka jodoh-jodohin idol mereka cowok sama cowok di satu grup yang sama. Ada yang niatnya bercanda dan ada yang serius, soalnya gak mau idolnya dating sama idol cewek. 

Biasanya di situs ff banyak novel yang mengangkat tema gay atau fujoshi dengan tanda plus plus di judulnya. 


Kunjungi Juga: Mengulas Drama Extraordinary You
Fudanshi 

Kalau Fujoshi adalah perempuan sedangkan Fudanshi adalah sebutan untuk laki-laki yang suka sama pasangan sejenis. Sama kayak Fujoshi, istilah ini bedanya di gender aja. Objek yang mereka sukai itu sama.
 
Shippers

Mau di drama atau di kpop pasti lo sering denger kata ngeship, shippers, atau kapal. Masih nyambung sama fujo dan fudan, orang-orang yang ngejodohin mereka disebut 'penumpang kapal' atau AB shipper. Dengan catatan A dan B adalah idol yang berbeda. 

Shippers ini luas banget gak cuma dipakai buat fujo dan fudan aja, seperti yang udah gue sebut sebelumnya. Istilah gampangnya itu pendukung. Mereka ngedukung kapal Dan Oh Baek Kyung biar dating misalnya. 

Nah, di ff juga sering nyebut kapal tapi intinya sama aja. Tetap aja di ff gue lebih suka ngeship idol sama diri gue sendiri. Sepede itu dan bim garis keras. 

Sama kayak kalian yang baru jadi kpopers, dulu gue juga bingung apa itu istilah aneh yang banyak dan gak familiar di dengar. Abis kita bahas ini pasti pengetahuan lo bertambah dan gak bingung lagi kalau gibah bareng kpopers lain di grup. 

Seperti yang udah gue bilang di awal, empat istilah ini berhubungan satu sama lain jadi sengaja gue bahas barengan. Di ff ada istilah fudan sama fujo dan orang yang dukung mereka namanya shippers

See you next Saturday ma friends! 

You May Also Like

4 komentar

  1. Fujoshi= cewek suka yaoi atau homo
    Fudanshi= cowok suka Yuri atau lesbi

    ReplyDelete
  2. Dari bahasa jepang min~

    Fu : busuk(seingat gw gitu) joshi : cewek

    Fu:busuk, danshi : cowok

    ReplyDelete