Penting gak sih beli merchendise? | About Korea # 27

by - May 25, 2019


HOLA!

Jadi seorang kpop fans emang ngabisin cukup uang terutama bagi yang suka beli merchendise idol mereka. Malam ini kita bakal bahas topik yang jarang dibahas orang-orang. Lagu kpopnya udah di putar, kan? kalau belum buruan setel lagu kpop sambil baca tulisan ini.

Setelah kita bahas hal ini gue harap pikiran kita sama sama terbuka dan mau menerima pendapat dari berbagai sisi. Apa yang di tulis di blog ini cuma pendapat dari sudut pandang gue dan lo berhak gak setuju.

Lanjut ya.

Setiap comeback kpop idol akan ngeluarin album or mini album, otomatis kita sebagai fans harus dukung idola kita dengan cara beli. Selain album ada printilan yang dijual agensi dan produk kolaborasi antara brand dengan kpop idol kita. Ngebayanginnya aja dompet gue udah panas dingin.

Bener kata orang-orang jadi kpopers itu harus siap ngeluarin duit. Masalahnya kebanyakan kpop fans adalah kaum pelajar yang kita juga tau uang sakunya terbatas. Lain ceritanya kalau lo rich. Menurut gue, mau lo beli atau enggak stuff yang berhubungan dengan idol ya status lo tetap fans di mata mereka. Kasarnya gitu.

Bukan hal yang salah juga kalau lo beli album dan suff lainnya, selama lo punya uang lebih. Dukung idol banyak kok, gak harus habisin uang demi seseorang yang gak tau lo sama sekali. Selama jadi kpopers enam tahun lebih justru gue gak punya official or unofficial merchendise bias. Kalah sama kpopers yang baru menetas. Alasannya karena gue gak benar-benar 'butuh' barang itu, jadi lebih baik uangnya gue save.

Gue yakin kalian beli album dengan cara nyisihin uang jajan, atau dengan cara lain. If i was you, gue bakal mikir berkali kali untuk ngeluarin uang apalagi untuk things yang sekiranya gak penting-penting amat. Walaupun gak dukung dalam cara beli ini itu, gue lebih suka vote atau streaming. Yes, gue modal kuota. Kuota kan belinya pakai uang, jadi kita sama aja toh?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tergantung dari diri lo masing-masing. Punya uang lebih silahkan dukung. Seandainya gak punya uang ya jangan maksa, karena mau gimanapun kan status kita cuma fans.

Tujuan gue nulis ini bukan untuk persuade kalian biar gak beli merchendise, bukan itu. Gue pingin kalian yang gak bisa beli merhchendise gak ngerasa sedih atau dikucilin cuma karena gak punya stuff. Kondisi ekonomi setiap orang berbeda jadi lo gak usah maksain diri untuk beli stuff untuk dukung idol. Jangan maksain diri juga, mending uangnya kumpulin untuk yang lebih penting.

Gue mau tau dong jawaban kalian dari judul di atas sekaligus alasannya. Pasti jawabannya beda-beda, gue yakin. Sengaja gue gak bahas sesuatu yang berat soalnya About Korea minggu depan bakal bahas sesuatu yang menarik. Apa itu? tunggu aja.

See you on the next week...


You May Also Like

0 komentar